IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ALOKASI DANA DESA (ADD) DI KABUPATEN WAY KANAN PROVINSI LAMPUNG

Kukuh Julian

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam Konteks Otonomi Desa di Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung, aspek-aspek yang mendukung dan menghambat dalam Implementasi Alokasi Dana Desa dan Rumusan   Model Implementasi   Alokasi Dana Desa dalam konteks Otonomi Desa. Metode Penelitian ini adalah kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Penggunaan metode ini adalah untuk mengkaji dan  mendeskripsikan  secara  kualitatif,  bagaimana  implementasi  Alokasi  Dana Desa (ADD), di  Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung, sudah berjalan dengan memanfaatkan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar 60 persen untuk membiayai Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan  40 persen digunakan untuk Biaya Operasional Pemerintah  Desa dalam membangun   berbagai infrastruktur  guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, namun dalam pelaksanaannya masih dijumpai berbagai persoalan yang sangat pundamental serta berdampak terhadap efektivitas   pelaksanaan   otonomi   desa   itu   sendiri,   sehingga   masih   perlu pembenahan utamanya peningkatan kemampuan sumber daya aparatur desa segingga   pelaksanaan   dan   pertanggung   jawaban   pelaksanaan   ADD   dapat terlaksana dengan baik. Aspek yang mendukung Implementasi kebijakan Alokasi Dana Desa adalah; kemampuan untuk melaksanakan program, partisipasi masyarakat, sosialisasi dan kapasitas sumber daya. Sedangkan aspek yang menghambat Implementasi kebijakan Alokasi Dana Desa adalah; regulasi, intensitas sosialisasi, ketidaktepatan sasaran, struktur birokrasi, keterbatasan kapasitas SDM dan Intervensi kepentingan. Sedangkan aspek yang menghambat pelaksanaan ADD menyangkut belum terimplementasikan sesuai dengan rencana, karena pihak-pihak yang terlibat di dalam pelaksanaannya belum mau berkerjasama, dan tingkat kemampuan sumber daya yang relatif masih rendah.

 

 

 

Kata Kunci : Implementasi, Kebijakan, Alokasi Dana Desa.


Full Text:

PDF

References


Setiawan, R. (2016). Peranan Etika Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung. Jurnal e-JKPP. Vol. 2 (2).

Setiawan, R. (2017). Partisipasi Publik Dalam Program Bantuan Listrik Pedesaan Masyarakat Kabupaten Mesuji. Jurnal e-JKPP. Vol. 3 (3).

Y. Kusuma, & R. Setiawan, “Start-Up of Creative Industry of Additives Onggok Charcoal Additives (International Conference on Low Carbon City Design, Japan)--(Section: Energy and Environment)”, JAILCD, Asian Institute of Low Carbon Design, 255-258, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/ejkpp.v4i2.1003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.