PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA PT. TELKOM DIVISI AKSES KEDATON BANDAR LAMPUNG

vivi ariani aminanda

Abstract


Vivi Ariani Aminanda, NPM   15.14.03.017, dengan judul pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada PT. Telkom Divisi Akses Bandar Kedaton Lampung, dibawah bimbingan Hj. Ida Farida dan Angrita Denziana.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah Lingkungan kerja berpengaruh Terhadap Kualitas Pelayanan  Pada  PT. Telkom Divisi Akses Kedaton Bandar Lampung, (2) Apakah Motivasi berpengaruh Terhadap Kualitas Pelayanan  Pada  PT. Telkom Divisi Akses Kedaton Bandar Lampung, (3) Apakah Lingkungan kerja dan Motivasi berpengaruh terhadap Kualitas Pelayanan  Pada  PT. Telkom Divisi Akses Kedaton Bandar Lampung.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah survei eksplanatori. Populasi penelitian sebanyak 41 orang pegawai pada PT. Telkom Divisi Akses Kedaton Bandar Lampung. Sedangkan sampel yaitu sebanyak 41 orang atau sampel total. Variabel penelitian adalah Lingkungan kerja (X1), dan Motivasi (X2) sebagai variabel bebas  dan Kualitas Pelayanan  adalah variabel terikat (Y).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif, baik secara parsial antara lingkungan kerja terhadap Kualitas Pelayanan, dan motivasi terhadap kualitas pelayanan, maupun secara bersama-sama antara lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kualitas pelayanan    pada PT. Telkom Divisi Akses Kedaton Bandar Lampung, pengaruh dimensi yang terbesar dari variabel lingkungan kerja adalah dimensi Penerangan/cahaya di tempat kerja sedangkan dimensi terkecil adalah dimensi, Dimensi Sirkulasi udara di tempat kerja, kemudian dimensi, terbesar dari variabel motivasi kerja adalah dimensi motivasi internal, sedangkan dimensi terkecil adalah motivasi eksternal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikemukakan temuan dari penelitian ini bahwa yang paling mempengaruhi dalam lingkungan kerja dan motivasi pada PT. Telkom Divisi Akses Akses Bandar Lampung, adalah pentingnya peningkatan pendidikan dan pelatihan oleh para pegawai agar dapat bekerja lebih profesional.

Full Text:

PDF

References


Setiawan, R. (2016). Peranan Etika Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung. Jurnal e-JKPP. Vol. 2 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/ejkpp.v2i3.810

Article Metrics

Abstract view : 312 times
PDF - 100 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.