IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI DOSEN DALAM MENINGKATKAN KINERJA DOSEN

Masayu Nila, Agus Purnomo, Agustuti Handayani

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana Implementasi dan asoek penghambat dalam Implementasi Kebijakan Sertifikasi Dosen dalam Meningkatkan Kinerja Dosen, penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui studi kepustakaan dan studi lapangan serta analisis data kualitatif melalui reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan implementasi kebijakan sertifikasi dosen dalam meningkatkan kinerja dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Bandar Lampung melalui dimensi komunikasi masih belum optimal dimana masih terdapat beberapa kesalahan dalam pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh dosen, kemudian dalam dimensi sumberdaya kemampuan dan kompetensi para dosen masih sangat membutuhkan suatu pembinaan, kemudian dalam dimensi disposisi diketahui bahwa kebijakan sertifikasi belum menjamin kinerja dosen dapat meningkat. Sementara dalam dimensi disposisi diketahui bahwa dosen harus memiliki keasadaran dan motivasi sehingga dapat melaksanakan kegiatan dan kewajiban sesuai dengan ketentuan yang ada, adapun aspek pendukung dalam pelaksanaan kebijakan ini terdiri dari motivasi, komitmen organisasi dan komitmen dosen pada profesinya, sementara aspek penghambat terdiri dari jabatan structural,sikap dosen serta reward dan punishment yang diterapkan oleh instansi

Keywords


Kinerja Dosen, Sertifikasi Dosen.

Full Text:

PDF

References


Adhan, M., Jufrizen, J., Prayogi, M. A., & Siswadi, Y. (2020). Peran mediasi komitmen

organisasi pada pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja dosen tetap universitas

swasta di kota Medan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1-15.

Aldo, D., Putra, N., & Munir, Z. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja

Dosen Dengan Menggunakan Metode Multi Attribute Utility Theory

(Maut). JURSIMA (Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen), 7(2), 76-82.

Aqip, M. A. I. (2020). Analisis kepuasan mahasiswa terkait kinerja pembelajaran daring

oleh dosen via aplikasi Whatsapp Grup. Indonesian Journal of Humanities and

Social Sciences, 1(3), 141-153.

Arif, A., & Putrawansyah, F. (2021). Pelatihan Pengisian BKD Sertifikasi Dosen STT Pagar

Alam. Ngabdimas, 4(01), 23-28.

Asnawi, M. F., & Baihaqy, M. A. M. (2019). Implementasi Metode Simple Additive Weigth

(SAW) pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Dosen Berprestasi. Jurnal

Vol. 9 Issue 1. 2023

Masayu Nila Juwita1

, Agus Purnomo2

, Agustuti Handayani3 26

Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(3), 198-205.

Barusman, A. R. P., & Oktaviannur, M. (2019). Analisis Pengaruh Pemberian Kompensasi

Dan Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Sekretariat Daerah Kabupaten

Tulang Bawang Barat. VISIONIST, 8(2).

Barusman, M. Y., Citra, A., Oktavianur, M., & Redaputri, A. (2020). Pengambilan

Keputusan Penempatan Jabatan Struktural Aparatur Sipil Negara (ASN). Jurnal

Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), 6(3), 459-459.

Budisetyani, I. G., & Swandi, N. L. (2019). Kebutuhan psikologis pada pecandu narkoba

(Tinjauan kualitatif dengan teknik journaling sebagai metode penggalian

data). Jurnal Psikologi Udayana, 6(2), 400-407.

Hafid, H., & Fajariani, N. (2019). Hubungan profesionalisme, komitmen organisasi dan

kinerja dosen pada stie muhammadiyah mamuju. Kinerja, 16(1), 58-68.

Handayani, F., Barusman, M. Y. S., & Oktaviannur, M. (2021). PENGARUH BUDAYA

KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PETERNAKAN DAN

PERKEBUNAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. VISIONIST, 10(1), 29-34.

Irham, M. (2019). Analisi Persepsi Dosen Terhadap Perbankan Syariah (Studi Kasus Dosen

Fakultas Ekonomi UMN). AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 4(2), 436-456.

Iskandar, F. A., Iskandar, I., & Wijayanti, L. (2022). Kompetensi Pustakawan Dalam

Manajemen Pengembangan Koleksi Di Perpustakaan Perguruan Tinggi: Tinjauan

Literatur Sistematis. Jurnal Ilmu Perpustakaan (JIPER), 4(2).

Jufrizen, J., Farisi, S., Azhar, M. E., & Daulay, R. (2020). Model Empiris Organizational

Citizenship Behavior dan Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta di

Medan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 4(2), 145-165.

Laili, R. N., & Nashir, M. (2020). Pelatihan TOEP (Test of English Proficiency) bagi Dosen

STIKES Banyuwangi untuk persiapan Sertifikasi Dosen. Jurnal Abdidas, 1(6), 487-

Listyarini, D. (2017, May). Pengaruh pemberian sertifikasi dosen, motivasi kerja, dan

disiplin kerja terhadap kinerja dosen perguruan tinggi swasta kota Semarang.

In PROCEEDINGS (Vol. 1, No. 1).

Mangkunegara, A. P. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung.

Remaja Rosdakarya.

Noor, W., & Juhji, J. (2020). Integrasi Budaya Prestasi pada Fungsi Perencanaan Pembinaan

Mutu Dosen. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1-12.

Nugraha, H. A. (2021). PELAKSANAAN SERTIFIKASI BAGI DOSEN DALAM

RANGKA MEN1NGKATKAN K1NERJA DOSEN (Studi Pada Universitas

Ekasakti). UNES Journal of Swara Justisia, 5(1), 19-25.

Nusantari, D. O. (2022, August). Sertifikasi Dosen, Sebuah Amanat Untuk Kemajuan

Pendidikan Bangsa. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 3, No. 1).

Sanga, L. D. (2022). Dosen Adalah Penegak Masalah Etika Profesi. TRACTARE, 5(1), 10-

Saputra, Y. N. (2020). Pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan kompensasi terhadap kinerja

dosen. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 18(1),

-135.

Saputra, Y. N. (2022). Mini Review: The Competencies of Christian Religious

Teacher. PASCA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 18(1), 94-104.

Sastypratiwi, H., & Nyoto, R. D. (2020). Analisis Data Artikel Sistem Pakar Menggunakan

Metode Systematic Review. JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian

Informatika), 6(2), 250-257.

Setiawan, I. P., Liong, H., & Sani, A. (2020). Pengaruh Pelatihan, Kompetensi Dan Disiplin

Vol. 9 Issue 1. 2023

Masayu Nila Juwita1

, Agus Purnomo2

, Agustuti Handayani3 27

Kerja Terhadap Kinerja Dosen Pada Stia Al-Gazali Barru Kabupaten Barru. Jurnal

Mirai Management, 5(3), 213-224.

Tasbih, tasbih. 2021. Peran Dosen Terhadap Pembinaan Mahasiswa Berbasis Kompetensi.

Jurnal Bimbingan dan Penyuluhan Islam. 8 (1). 57-70

Wahyudi, W. (2020). Kinerja Dosen: Kontribusinya Terhadap Akreditasi Perguruan

Tinggi. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and

Business, 3(4), 401-410.

Wahyudi, W., & Sunarsi, D. (2021). Manfaat penerapan manajemen pengetahuan bagi

kinerja dosen di masa pandemi Covid-19. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan

Indonesia), 7(2), 285-291.

Yasin, V. (2021). Penerapan sistem kegiatan belajar dan mengajar dalam instrumen

sertifikasi dosen profesional menggunakan metode SMART. TRIDHARMADIMAS:

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, 1(1), 37-55.

Yulita, T. (2021). Korelasi kemampuan mengajar daring dosen terhadap motivasi belajar

mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh.

Putra, R. B., & Fitri, H. (2021). Literature Review: Model Pengukuran Kinerja Dosen Dan

Organizational Citezenship Behavior Berdasarkan Karakteristik Individu, Budaya

Kerja Dan Perilaku Individu. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 485-512.

Piscayanti, K. S. (2015). Pengaruh Sertifikasi Dosen Terhadap Kinerja Pengajaran Dosen

Undiksha. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(1).

Zainuddin, Muhamad, dkk. 2014. Buku pedoman sertifikasi pendidik untuk dosen (Serdos)

terintegrasi: buku 1 naskah akademik. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Kemdikbud. Piscayanti, Kadek Sonia, dkk. 2015. Pengaruh Sertifikasi Dosen

Terhadap Kinerja Pengajaran Dosen Undiksha. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora.

(4).

Jamal, Ma’aruf. 2009. Manajemen Pendidikan Anak. Yogyakarta: Diva.

Kusnandar (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai. Pengembangan

Profesi Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Edwarad III. 1998. Implementing Public Policy. Congressional Quarterly Press: the

University of Michigan




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/ejkpp.v9i1.3111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.