PENGARUH PEMBERIAN MOTIVASI DAN DISIPLIN TERHADAP KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DAERAH KOTA METRO

Malik Malik, Sukismanto aji

Abstract


Rumusan pertanyaan penelitian ini membahas apakah motivasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai, kemudian apakah kedisiplinan pegawai juga berpengaruh terhadap kinerja pegawai, serta apakah motivasi dan disiplin pegawai berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kota Metro. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan populasi penelitian berjumlah 40 orang pegawai pada Sekretariat Daerah Kota Metro, penelitian ini bersifat sensus sebab seluruh populasi menjadi sampel dalam penelitian. Dari penelitian yang telah dilakukan terdapat hasil yang menunjukan bahwa motivasi dan disiplin memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap kinerja pegawai Pada Sekretariat Daerah Kota Metro, dimana diketahui bahwa motivasi yang memiliki pengaruh besar adalah dimensi motivasi internal sedangkan variabel disiplin dengan dimensi pengaruh yang kecil yaitu dimensi motivasi eksternal. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa motivasi dan kedisiplinan pegawai belum berjalan dengan optimal hal ini ditunjukan dari beberapa variabel yang banyak mempengaruhi dan berakibat pada ketidak telitian dari para pegawai dalam melaksanakan tugas dan tentu saja berpengaruh pada penurunan kinerja

Keywords


Motivasi, Disiplin, Kinerja

Full Text:

PDF

References


Agustini, Fauzia. 2019. Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia. Medan: UISU Press.

Akhmad, Fauzi. 2020. Manajemen Kinerja. Surabaya: Airlangga University Press.

Alfian, Muh. and Niswaty,Rudi et.al (2019) Motivasi Kerja Pegawai pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gowa. Journal of Public Administration and Government, 1 (2). pp. 35-44.

Anoraga. Pandji. 2016. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwiyanto, Agus. 2018. Manajemen Pelayanan Publik. Yogyakarta:Gadjah Mada University.

Flippo, Edwin. 2018. Manajemen Personalia. Edisi 11. Yogyakata: PT. Bharata Niaga Media.

Hasibuan P. Malayu. 2019. Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Pratiwi, Made Diah Dwimas. Bagia, Wayan. 2021. Motivasi Kerja dan Kemampuan Kerja Memperngaruhi Pegawai Pada PDAM Tirta Amertha Jati Kabupaten Jembrana. Jurnal Manajemen dan Bisnis. 3 (1). 32-47.

Pratiwiningtyas, Faradila, Prasetyo Adi. Pengaruh Pemahaman Sistem Informasi Akuntansi, Motivasi, dan Disiplin Kerja Tehradap Kinerja Pegawai Bagian Keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Tulungagung. Jurnal Akademi Akuntasi. 1 (1). 23-45.

Riyanti, Evi, Yansahrita. 2019. Pengaruh Disiplin Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Ogan Komering Ulu Timur. Jurnal Signaling. 8(2). 48-54.

Rizal, Said Muhammad, Radiman. 2019. Pengaruh Motivasi, pengawasan, dan Kepemimpinan Terhadap Disipin Kerja Pegawai. Jurnal Manajemen Maneggio. 2(1). 35-55.

Sinaga. (2020). Manajemen Kinerja Dalam Organisasi. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Sinambela, Litjan Poltak. 2021. Manajemen Sumberdaya Manusia: Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja. Jakarta: Bumi Aksara.

Sucipto, N., & Rauf, R. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja sebagai Mediasi Hubungan Motivasi Intrinsik terhadap Kinerja Pegawai. YUME : Journal of Management, 4(1), 26-43.

Suryani, Kadek. Ida Ayu Putu Widani. Kadek Dewi Indah Sri. 2020. Kinerja Sumberdaya Manusia: Teori, Aplikasi, dan Penelitian. Bandung: Nilacakra Penerbit.

Syamsibar. 2021. Pengaruh Disiplin, Kepuasan dan Hubungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Stau Pintu Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Mirai Manajemen. 6 (2). 286-297.

Triono, Agustang Andi, Et.al. 2021. Motivasi Kerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. 5(4). 1-20




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/ejkpp.v8i3.2907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.