PENGARUH BAURANPEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN BELANJA BATIK KHAS LAMPUNG DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Dora Rinova

Abstract


Batik adalah salah satu busana tradisional di Indonesia yang menggambarkan salah satu karya agung bangsa kita. Proses pembuatannya mengandung makna kesabaran yang cukup tinggi. Begitu pun dalam hal pemakaian, batik tidak boleh sembarangan, ada caranya, digunakan untuk apa, dan harus disesuaikan motifnya dan penjualan terhadap baju batik harus terus ditingkatkan, demikian pula dengan batik khas Lampung di Kota Badar Lampung. Home Industy melalui tahapan-tahapan seperti dari mulai produk, harga, promosi dan saluran distribusi perlu ditingkatkan agar keputusan pembelian batik dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat di Indonesia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, promosi dan saluran distribusi terhadap keputusan belanja batik khas Lampung di Kota Bandar Lampung.  Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang membeli batik khas Lampung di Kota Bandar Lampung. Pada penelitian ini menggunakan teknik populasi, responden yang diambil dari konsumen yang pernah atau sedang melakukan pembelian sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda yang dijalankan oleh SPSS 23.

Hasil dari analisis regresi berganda menunjukan bahwa : produk, harga, promosi dan saluran distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan belanja Batik Khas Lampung di Kota Bandar Lampung.


Keywords


Bauran Pemasaran Batik Khas Lampung.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hendrayani, Heni. 2012. http://Henihendrayani.blogspot.com/2012/peran-umkm-terhadap- pertumbuhan.html. Diakses 3 Mei 2016.

Kalinggo. Hanggopuro. 2002. Batik Sebagai Busana Tatanan Dan Tuntunan. CV. Andi Offset. Yogyakarta.

Kotler, Philip, G. Armstrong. 1997. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, G. Armstrong. 2012. Manajemen Pemasaran. Indeks Media Grup. Jakarta.

Kotler, Philip, G. Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran (Terjemahan) Indeks Media Grup. Jakarta.

Lupiyoadi, R. 2004. Kewirausahaan. 2004, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Mutia, N. Rizky. 2011. Analisis Strategi Pemasaran UKM Penghasil Produk Kerajinan Akar Wangi (Studi Kasus Pada Kub Zocha GrahaKriya, Kabupaten Garut, Jawa Barat). Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Manajemen. Universitas Institut Pertaniaan Bogor. Bogor.

Setiawan, R. (2016). Peranan Etika Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung. Jurnal e-JKPP. Vol. 2 (2).

Setiawan, R. (2017). Partisipasi Publik Dalam Program Bantuan Listrik Pedesaan Masyarakat Kabupaten Mesuji. Jurnal e-JKPP. Vol. 3 (3).

Tjiptono.F.G. Chandra dan A. Dadi. 2008. Pemasaran Strategik. CV. Andi Offset.Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/ejkpp.v4i2.1055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.