Analisis dan Uji Kualitas Pengguna Website Tokopedia.Com Menggunakan Metode Webqual (case : Pengguna Tokopedia.com di Universitas Bandar Lampung)
Abstract
Teknologi merupakan keniscahyaan di era modern ini karena dengan adanya teknologi kegiatan manusia dapat dipermudah salah satu contohnya adalah E-commerce. E-Commerce merupakan salah satu jenis website yang bertujuan untuk menjual satu atau lebiih produk dan jasa dengan mengunakan internet. Transaksi pada website e-commerce atau toko online dapat dilakukan dengan cara langsung pada website tersebut dengan menggunakan kartu kredit atau layanan perbankan online.
Data menurut Majalah Marketing Edisi 08/XIV/Agustus/2014, WSJ, Event Veritrans: Riset of E-Commerce pengguna internet di Indonesia sekitar 82 juta pengguna dan 7% menggunakan e-commerce untuk transkasi Onlinenya. Pertumbuhan website jual beli online pun semakin meningkat. Dari data tersebut peneliti ingin mengetahui dan menguji kualitas website jual beli online tersebut yaitu tokpedia.com
WebQual merupakan salah satu metode atau teknik pengukuran kualitas website berdasarkan pendapat pengguna akhir . Metode ini merupakan pengembangan dari SERVQUAL yang banyak digunakan sebelumnya pengukuran kualitas saja. WebQual sudah mulai dikembangkan mulai sejak tahun 1998 dan telah mengalami beberapa interaksi dalam penyusunan dimensi dan butir pertanyaannya. WebQual 4.0 disusun berdasarkan Penelitian pada tiga area (dimensi) kualitas yaitu information quality, usability, dan service interaction.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Tokopedia (Maret-01-2014). Profile Tokopedia.Com. Oktober-10-2015. Sumber : Www.Tokopedia.Com
Djaali, 2008. Skala Likert. Jakarta: Pustaka Utama.
Jovan, F. (2007). Panduan Praktis Membuat WEB Dengan PHP Utk Pemula. 979-794-020-9: Mediakita.
Saputro, H. (2007). Pengertian Website Dan Unsur-Unsurnya. Jakarta
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: AFABETA, Cv.
Wikipedia. (05-Oktober-2015). Tokopedia. Sumber: Http:// Id.Wikipedia.Org/
Barnes & Vigen. 2003,” Webqual 4.0 Untuk Mengukur Kualitas Website Yang Dikelola Oleh OECD (Organization For Economic Cooperation And Development”
Majalah Marketing Edisi 08/XIV/Agustus/2014, WSJ, Event Veritrans: Rise Of E-Commerce
DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v8i2.957
Refbacks
- There are currently no refbacks.
About the Journal | Journal Policies | Author | Information |
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia