E- Customer Relationship Management(CRM) untuk Sistem Informasi Paket Wisata pada CV Alea Tour & Travel Bandar Lampung

Halimah HALIMAH, Dian Kinanti

Abstract


CV ALEA TOUR & TRAVEL adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan dan jasa paket wisata. Dalam pemesanan paket wisata pelanggan harus datang langsung ke CV ALEA TOUR, sehingga pelanggan akan membutuhkan waktu lebih untuk melakukan pemesanan paket wisata.Berdasarkan masalah yang ada untuk peningkatan kepercayaan dan kepuasan terhadap pelanggan dalam melakukan pemesanan paket wisata, penulis membuat sistem E-CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK SISTEM INFORMASI PAKET WISATA PADA CV ALEA TOUR dengan berbasis web dengan metode secara tersruktur, sehingga memudahkan pelanggan dalam mencari dan melakukan pemesanan paket wisata beserta fasilitas dan biaya. Implementasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan terhadap pelanggan, baik pelanggan baru yang berminat menggunakan jasa tour dan travel CV ALEA TOUR dan mempertahankan pelanggan lama yang telah menggunakan jasa tour dan travel pada CV ALEA TOUR & TRAVEL.

Keywords


CRM; Paket Wisata; WEB.

Full Text:

PDF

References


Budi Raharjo. 2016. Modul Pemrograman WEB ( HTML, PHP, MySQL) (edisi 3). Penerbit MODULA, Bandung.

Kotler. 2003. Global Lave Book. Pengertian CRM Definisi menurut, http://globallavebookx.blogspot.co.id/2015/11/pengertian-crm-menurut-para-ahli.html.

Kronke, David. 2006, Database Processing, Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Pahlevy, Randy, Tesar. 2010. Rancang Bangun Sistem pendukung Keputusan Menentukan penerima Beasiswa dengan Menggunakan metode Simpele Additive Weighting (SAW).

Rahmat Nur Maulidin, Yusuf Sulistyo Nugroho, Sistem Informasi Paket Wisata Pada Cv. Khans Tour Berbasis Web.

Riyan Rahmat, Dewi Hajar, Heni Rachmawati, Rancang Bangun Aplikasi CRM Tour Dan Travel Berbasis Web (Studi Kasus: Pt. Warasula Tour Dan Travel Pekanbaru).

Turban. 2003. Pengertian System Development Life Cycle (SDLC) http://infodanpengertian.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-system-development-life.html?m=1.

Whitten, Bentley & Dittman. 2007, p344. "System Analysis and Design Methods – 7th Edition". November 22, 2005.

Yan Andriariza AS, Perancangan Aplikasi Berbasis Costumer Relationship Management (CRM). IKM Tas Yanri di Bogor.

Yogi wicaksono. 2008. Landasan Teori tentang XAMPP (https://aguslilinkecil.wordpress.com/category/landasan-teori/.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v8i2.951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub