Perancangan Program Aplikasi Penjualan Food and Beverages pada Dawiels Café Bandar Lampung dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0

Maria Shusanti F.

Abstract


Food and Beverages pada cafe Dawiels adalah restoran bernuansakan klasik dengan memberikan kenyamanan, kenikmatan dan tempat bersantai bersama teman dan keluarga. Cafe Dawiels terletak di pusat kota Bandar Lampung di Jalan Kartini No.41. Food and Beverages pada cafe Dawiels menawarkan berbagai makanan dan minuman cepat saji khas Cafe Dawiels seperti, Chicken Drum Steak (CDS), Chicken Steak, Macaroni Scutell dan lain-lain dan berbagai minuman seperti Greenday,Orange Juice, Hot Cappucino dan lain-lain. Dengan harga yang terjangkau dan relatif murah, disertai dengan live musik untuk kenyamanan konsumen.
Selama ini pengolahan data penjualan food and Beverages pada Cafe Dawiels Bandar Lampung masih menggunakan sistem manual, yang berarti dalam pencatatan transaksi penjualan masih berupa kertas-kertas yaitu kertas pesanan, nota penjualan dan lain-lain. Hal ini membuat pengolahan data kurang efektif dan banyak kekurangan untuk mendukung manajemen. Untuk hal tersebutlah penulis berkeinginan untuk membuat sistem pengolahan data dengan menggunakan komputerisasi yaitu dengan program visual basic 6.0, sehingga sistem penjualan dapat berjalan dengan baik dan tercatat dengan rapi, sekaligus penulis mengenalkan penggunaan aplikasi komputer.
Adapun yang menjadi permasalahan dalam penulisan ini adalah”Bagaimana perancangan program aplikasi penjualan Food and Beverage pada Cafe Dawiels Bandar Lampung menggunakan Bahasa Pemograman Visual Basic 6.0”.
Tujuan penyusunan laporan akhir studi ini adalah untuk menjabarkan, menggambarkan dan melaporkan hasil dari pelaksanaan penyusunan laporan akhir studi serta untuk memberikan pandangan dan pengalaman langsung di dalam dunia kerja, sehingga mahasiswa dapat mengintegrasikan teori dan praktek yang diperoleh dibangku perkuliahan dengan kenyataan yang ada dilapangan.

Full Text:

PDF

References


Dadan Umar Daihani. Komputerisasi Pengambilan Keputusan. Penerbit PT. Gramedia Jakarta. Jakarta: 2001.

Fathansyah. Basis Data. Penerbit Informatika Bandung. Bandung: 1999.

H. M. Jogiyanto. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Penerbit Andi Yogyakarta. Yogyakarta: 1992.

Raymond McLeod, Jr. Sistem Informasi Manajemen. Jilid Satu. Edisi Ketujuh. Penerbit PT. Prenhallindo. Jakarta: 1997.

Wahana Komputer Semarang. Pemrograman Visual Basic 6.0. Penerbit Andi Yogyakarta. Semarang: 2000.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v3i2.508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub