RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KEGIATAN SEMINAR NASIONAL BERBASIS WEB PADA INSTITUT INFORMATICS DAN BISNIS DARMAJAYA

Melda Agarina, Arman Suryadi Karim

Abstract


Seminar adalah pertemuan untuk membahas suatu masalah yang dilakukan secara ilmiah. Pada seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah. Salah satu fungsi seminar yaitu untuk menyampaikan suatu gagasan ataupun sesuatu yang baru kepada para peserta seminar dan berharap para peserta dapat memperoleh ilmu dan nantinya dapat dikembangkan lagi untuk menyelesaikan masalah. IIB Darmajaya rutin melakukan kegiatan Seminar Nasional Teknologi dan Bisnis, adapun seminar tersebut bertujuan untuk memperkenalkan hasil-hasil Riset dari civitas akademika dan stakeholder yang berkaitan dengan pengembangan model strategi inovasi. Saat ini sistem pendaftaran masih dilakukan menggunakan email sehingga akan berpengaruh pada kesalahan dan keterlambatan dalam penyajian informasi. Segala transaksi pendaftaran masih dilakukan dengan sistem email.. Dimana saat ini sistem seperti itu dianggap sudah tidak efektif Dengan besarnya antusias dan  minat peserta  dalam kegiatan seminar nasional yang di lakukan oleh IIB Darmajaya  membutuhkan solusi untuk mengatasi kekurangan yang ada saat ini.  Solusi yang tepat adalah dengan menerapkan suatu website pendaftaran sehingga dapat mengolah data transaksi peserta agar peserta dapat lebih mudah dan lebih efektif dalam mendaftar. Penyajian laporan lebih cepat,tepat, dan akurat. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah Prototyping-Based Methodology. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi pihak manajemen terkait pengelolaan dan inventarisasi data kegiatan seminar serta memberikan feedback yang cepat dan akurat bagi peserta seminar

Keywords


Seminar, Pendaftaran

Full Text:

PDF

References


W. A. E. Khoiro, "Rancang Bangun Sistem Informasi Kegiatan Seminar Dan Workshop Pada Bidang Akademik (Studi Kasus: Stiki Malang)," Jurnal Of Information And Technology, Pp. 7-12, 2015.

G. U. K. W. K. H. Mustakim1, "Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Seminar Mahasiswa Pascasarjana Institut Pertanian Bogor," Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, Pp. 6-14, 2015.

L. Y. Eka Choliviana, "Pembuatan Sistem Pendaftaran Anggota Secara Online Pada Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (Hmi) Kabupaten Pacitan," Jurnal Speed , Pp. 1-8, 2012.

A. M. M. M. Sidiq Wahyu Surya Wijaya, "Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Web Dan Wap," Seminar Nasional Vi Sdm Teknologi Nuklir, Pp. 395404, 2010.

Wahyudin, Sutikno And A. Isa, KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN MULTIMEDIA, Pp. 58-62, 2010.

E. Arnitasari And H. A. Fatta, Aplikasi Multimedia Interaktif Pembelajaran Ipa Untuk Sekolah Dasar Kelas Vi, 2010.

Kamusbahasaindonesia. [Online]. Available: Http://Kamusbahasaindonesia.Org/Analisis #Ixzz265cbin5m.

M. Rahayu, Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi, Grasindo, 2007.

T. Sutabri, Analisa Sistem Informasi, Andi, 2004.

A, Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan, Imperal Bhakti Utama, 2007.

D. S. Astuti, Dra.Retnowidjati, Dra.Resminingsih And D. Sukarni, Pelayanan Konseling Pada Satuan Pendidikan Menengah, Grasindo, 2010.

Darma, J. S And S. Ananda, Buku Pintar Menguasai Multimedia, Media Kita, 2009.

S. Dr.Juliansyah Noor, Metodologi Penelitian :Skripsi,Tesis,Disertasi,Dan Karya Ilmiah, Kencana, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v10i1.1215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub