Aplikasi Komite Sekolah Berbasis SMS Notifikasi untuk Administrasi Pembayaran Komite

Fenty Ariani

Abstract


SMKN 1 Tanjungsari adalah salah satu sekolah menengah kejuruan negeri dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Selatan. Dalam menunjang proses bejalar mengajar, setiap siswa diwajibkan memberikan dana administrasi sekolah yang disebut dengan dana Komite Sekolah. Dana Komite Sekolah ini dibayarkan setiap awal semester ganjil maupun genap sebelum proses belajar mengajar. Pembayaran komite sekolah pada SMKN 1 Tanjungsari saat ini belum memiliki sistem yang dapat mengolah proses administrasi pembayaran. Pembayaran komite dilakukan menggunakan buku manual dan pencarian data masih menggunakan sistem manual, sehingga diperlukan suatu sistem informasi yang dapat membatu menyelesaikan permasalahan tersebut. selain itu diperlukan adanya sistem informasi yang dapat menyampaikan informasi pembayaran dan tunggakan kepada wali murid. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan fungsi SMS Notifikasi menggunakan SMS Gateway sebagai media penyampaian informasi agar menghasilkan sistem yang dapat mempermudah petugas administrasi pembayaran komite sekolah dalam melakukan proses administrasi pembayaran dan memberikan informasi tunggakan pembayaran kepada wali murid.

Keywords


Administrasi; pembayaran komite; SMKN 1 Tanjungsari; SMS Notifikasi; SMS Gateway.

Full Text:

PDF

References


Erinawati. (2012). “Pembangunan Sistem Informasi Pembayaran Sekolah Pada Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 1 Rembang Berbasis Web”. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 4 No 4 - 2012 - ijns.org

Fristant, Purnama, Sukadi. (2014). “Rancang Bangun Sistem Informasi Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (Spp) dan Insidental Pada Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Tinatar Punung”. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 5 No. 1.

Karch, Marziah.(2010). Android for Work: Productivity for Professionals. New York: Appress.

Purnamasari, Chindie. 2010. Implementasi SMS Gateway Dalam Solusi Penyediaan Laporan Peserta Didik Kursus, Bandung : Politeknik Telkom Bandung

W. Yoni, R.K. Berliana. (2013). “ Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik dan Presensi Siswa berbasis SMS Gateway pada SDN Tulakan III”. Journal On Networking and Security Vol. 2 No.4.

Zainal A. Hasibuan 2007 Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, Jakarta: Universitas Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v6i2.775

Article Metrics

Abstract view : 242 times
PDF - 201 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.