Pemanfaatan Media Internet untuk Membantu Menyusun Data Siswa Berbasis Web pada SMP PGRI 2 Waway Karya Lampung Timur

Reni Astika

Abstract


Sekolah Menengah Pertama (SMP) PGRI 2 Waway Karya Lampung Timur, bertujuan untuk ikut serta dalam kegiatan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan berpartisipasi dalam dunia pendidikan. Siswa siswa yang di didik di sana merupakan siswa yang melanjutkan studi dari jenjang sebelumnya, mereka berdomisili dari daerah sekitarnya. Untuk mendapatkan informasi mengenai sekolah tersebut, masyarakat mendapatkannya langsung hanya dari siswa maupun guru yang belajar dan mengajar disana. Hal ini berkendala bagi calon siswa yang ada diluar daerah tersebut.  Dalam penelitian untuk membuat Sistem Informasi Data Siswa Berbasis Web, peneliti menggunakan metodologi penelitian Extreme Programming dengan alat bantu pengembangan sistemnya yaitu UML (Unifeld Modelling Language) berupa Usecase, Diagram Aktifitas, dan Class Diagram, guna menggambarkan semua kegiatan dan aktifitas yang dilakukan ataupun yang akan dibuat dalam penelitian ini. Hasil langsung yang dapat dirasakan setelah Sistem Informasi Data Siswa SMP PGRI 2 Waway Karya Lampung Timur di upload di internet adalah kemudahan user dalam memperoleh informasi data mengenai sekolah ini, informasi data siswa, fasilitas yang ada dan juga bisa mempermudah calon siswa untuk dapat melakukan pendaftaran siswa baru disekolah ini dengan hanya mengakses diinternet. Sehingga lebih mudah, cepat dan bisa dilakukan kapan saja.


Keywords


Web; Unifeld Modelling Language; Usecase.

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir (2014 : 61) Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi

Anhar. 2010. Pandauan Menguasai PHP & MySQL secara Otodidak. Mediakita. Jakarta.

HM. Jogiyanto. 1999. Pengenalan Komputer dasar Ilmu Komputer, Pemrograman Sistem Informasi dan Inteligensi buatan. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Jusuf, Heni. 2008. Studi Tingkat Keamanan Kata Sandi pada Data, Email dan Aplikasi. Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional. Jurnal Basis Data, ICT Research Center UNAS. Vol. 3 No. 2 Nopember 2008. ISSN 1987-9483. Hlm 71-82.

Maryono, T, & Petmi Istana, B. 2008. Teknologi Informasi dan komunikasi 3. Quarda. Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v6i1.728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.