Pemanfaatan Animasi Dua Dimensi untuk Pembelajaran Bahasa Jepang Tingkat Dasar
Abstract
Media pembelajaran interaktif saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat terutama di bidang bahasa. Bahasa merupakan cara manusia untuk menyampaikan pesannya. Terdapat beberapa bahasa yang dipelajari diantaranya Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Namun, pada beberapa sekolah taman kanak-kanak bertaraf Internasional tengah mempersiapkan pelajaran baru dibidang bahasa kepada anak – anak yaitu Bahasa Jepang. Hal ini bukanlah perkara yang mudah, karena Bahasa Jepang belum cukup populer di Indonesia, terutama bagi anak – anak. Itu akan mempersulit anak – anak dalam memperlajari Bahasa Jepang yang cukup asing di telinga mereka.
Pembuatan media pembelajaran digunakan tools Adobe Flash CS3 untuk mendesain objek yang digunakan dan dilengkapi dengan audio untuk memberikan suara pada aplikasi tersebut. Aplikasi yang dihasilkan adalah sebuah media interaktif pembelajaran Bahasa Jepang tingkat dasar untuk anak-anak yang disajikan dengan gambar dan animasi sehingga pembelajaran lebih menyenangkan. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Semita, Muryani J. 2012. Kamus Besar Bahasa Jepang. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Vaughan Tay,. 2006. Multimedia Making It Work. Eight Edition. Yogyakarta: Andi.
Dede Rosyada, 2008. Desain Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada Pers
MADCOM, 2013. Adobe Flash CS 6, Yogyakarta: Andi.
Arifin Zainal, 2007, Adobe Audition, Yogyakarta: Andi.
Salman Alfarisi,. 2012. Model Pertemuan Ke-3 Perkuliahan Multimedia dan Animasi. Universitas Mercubuana.
DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v5i1.714
Refbacks
- There are currently no refbacks.
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi
Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA
Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.