Visualisasi Pembelajaran Tajwid Dalam Membaca Alqur’an Berbasis Multimedia

Iwan Purwanto

Abstract


Metode pembelajaran yang digunakan sangat menetukan keberhasilan penyampaian materi, baik dilingkungan sekolah, instansi – instansi pendidikan agama dan juga pembelajaran di rumah. Dengan demikian, seiring dengan perkembangan zaman maka menuntut segala sesuatunya lebih canggih dan menarik. Hal yang diperlukan untuk menunjang kegiatan tersebut yaitu berupa inovasi – inovasi dalam metode pembelajaran. Teknologi komputer dapat digunakan untuk menunjang kegiatan tersebut yaitu sebagai fasilitas pengembangan suatu perangkat lunak dalam metode pembelajaran, yaitu dengan membuat suatu program aplikasi metode pembelajaran yang memberikan kesan dan trik – trik pembelajaran dalam penyampaian materi sesuai dengan materi yang akan disajikan. Taman Pendidikan Alqur’an mengajarkan segala sesuatu mengenai ajaran agama Islam untuk anak - anak, salah satu yang dibahas adalah ilmu tajwid yang mempelajari cara membaca huruf hijaiyah baik yang berdiri sendiri maupun yang tersambung. Setiap siswa akan diajarkan ilmu tajwid, namun tidak semua siswa akan dengan mudah menerima materinya. Hal ini disebabkan karena tidak semua siswa akan mengerti penyampaian materi yang disajikan dengan metode pembelajaran yang tidak kondusif, cenderung berulang – ulang dan membosankan. Akibatnya proses belajar akan terhambat. Masalah diatas perlu ditanggulangi yaitu dengan membuat sebuah alat bantu pembelajaran yang dapat membantu proses belajar tajwid dalam membaca Alqur’an yaitu dengan pembuatan Visualisasi Pembelajaran Tajwid Dalam Membaca Alqur’an Berbasis Multimedia. Perancangan sistem ini menggunakan beberapa alat diantaranya flowchart, map situs, Entity Relationship Diagram (ERD), dan relasi antar tabel. Pengolahan animasi menggunakan Macromedia Flash 8, pengolahan suara menggunakan Adobe Audition dan pengolahan data menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dengan database Microsoft Acces.

Keywords


alquran berbasis multimedia, Entity Relationsip Diagram, Flowchart ,Adobe Audition.

Full Text:

PDF

References


BA Asyari, Abdullah, 1987, Pelajaran Tajwid (Qa’idah Bagaimana Seharusnya Membaca Alqur’an Untuk Pelajaran Permulaan), Surabaya : Apollo.

Daryanto,2003, Belajar Komputer Animasi Macromedia Flash, Bandung :Yrama Widia.

Edumedia, Faza, 2006, CD Pelajaran Tajwid Untuk Anak – Anak, FBP Record.

Firdaus, 2005, Pemrograman Database dengan visual basic 6.0 untuk orang awam,Yogyakarta : Maxicom.

H. M, Jogianto, 2001, Analisis Desain Sistem Informasi : Pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis, Yogyakarta : Andi Yogyakarta.

Humam, KH. As’ad, 2005, Cara Cepat Belajar Tajwid Praktis, Yogyakarta :

Balai Litbang LPTQ Nasional Tadarus AMM. Informasi Tentang Pembelajaran Tajwid,http://www.ilma95.net/tajwid.htm

Kristanto, Andri, 2003, Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya,

Yogyakarta : Gava Media, Edisi ke-1.Kurniadi, Adi, 2001, Pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0, Jakarta : Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v4i1.490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.