Analisis Menentukan Jasa Pengirim Terbaik Menggunakan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS)

Adi Prasetia Nanda, Sucipto Sucipto, Sri Hartati

Abstract


Jasa pengiriman merupakan salah satu bentuk usaha untuk melayani pada bidang jasa pelayanan pengiriman, yang dalam hal ini adalah pengiriman barang. Pada masa saat ini banyak masyarakat dalam hal pengiriman barang sudah menggunakan jasa pengiriman. Dari mulai jual beli online sampai dengan hanya sekedar untuk mengirim barang atau kirim paket surat menyurat (berkas). Oleh karena itu peneliti bermaksud menganalisis menentukan jasa pengiriman terbaik menggunakan metode WASPAS. Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menimalisir kecacatan dari suatu hasil dalam pencarian hasil untuk mengetahui nilai tertinggi dan terkecil. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa kriteria diantaranya adalah harga, pelayanan, kecepatan, keamanan dan banyaknya kantor cabang. Alternatif dalam penelitian ini adalah, JNE, J&T, TIKI, POS, dan Si Cepat. Dari perhitungan tersebut didapatlah hasil dari analisis menentukan jasa pengiriman terbaik menggunakan metode WASPAS adalah sebagai berikut: 1. JNE mendapatkan nilai sebesar 6.0144, 2. J&T mendapatkan nilai sebesar 6.0117, 3. TIKI mendapatkan nilai sebesar 5.5871, 4. POS mendapatkan nilai sebesar 4.8253, 5. Si Cepat mendapatkan nilai sebesar 5.1253.


Keywords


Jasa; Pengiriman; WASPAS

Full Text:

PDF

References


Subarjo, “Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Perbankan Studi Kasus Pada Bank Mandiri Unit Mandiri Mitra Usaha Yogyakarta,” J. Sosio-Humaniora, vol. 5, no. 2, pp. 199–217, 2014.

M. Brito, “Pengertian Pengiriman Barang,” no. Mm, pp. 1–18, 2016.

M. Faridl, T. Lusiani, and M. Mujayana, “Rancang Bangun Sistem Administrasi Pengiriman Barang Berbasis Web Di Pt. Graha Prima,” Jsika, vol. 5, no. 12, pp. 1–5, 2016, [Online].Available: https://jurnal.stikom.edu/index.php/jsika/article/view/1500/912.

I. Kanedi, F. H. Utami, and L. N. Zulita, “Sistem Pelayanan Untuk Peningkatan Kepuasan Pengunjung Pada Perpustakaan Arsip Dan Dokumentasi Kota Bengkulu,” Pseudocode, vol. 4, no. 1, pp. 37–46, 2017, doi: 10.33369/pseudocode.4.1.37-46.

E. D. Marbun, E. R. Simanjuntak, D. Siregar, and J. Afriany, “Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Menentukan Tepung Terbaik Untuk Memproduksi Bihun,” J. Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 24–28, 2018.

M. M. G Yanti Kumala Sari Siregar Pahu , Evi Haryani, “Aplikasi Web Mobile Calon Penerima Jamban Sehat Bagi Keluarga Kurang Mampu Metode Topsis,” J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 10, no. 2, pp. 140–144, 2019.

S. Barus, V. M. Sitorus, D. Napitupulu, M. Mesran, and S. Supiyandi, “Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Guru Tetap Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),” J. Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 2, pp. 10–15, 2018, doi: 10.30865/mib.v2i2.594.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v10i2.1594

Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.