E-Arsip Berbasis Image Archives Management Process Model untuk Meningkatkan Efektifitas Pengelolaan Arsip

Robby Yuli Endra, Usman Rizal, Fenty Ariani

Abstract


Arsip merupakan catatan sebagai memori keberadaan suatu lembaga atau institusi. Tujuan keberadaan Arsip adalah untuk menyatukan informasi, memudahkan akses dan penemuan kembali informasi. Peranan Arsip sangat penting dalam suatu lembaga karena Arsip merupakan sumber informasi. Masalah yang timbul dalam pengolahaan arsip yaitu, tidak efisiennya dalam pencarian data dikarenakan arsip yang belum terstruktur dan masih tersimpan secara manual.

Pada Tahun Pertama penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mendesign Aplikasi berbasis web yang bersifat Open Source dengan melakukan beberapa yaitu analisis data, merancang website dengan Algoritma, merancang struktur databases, menguji aplikasi yang di buat dan mengimplementasikan website tersebut dengan memasang domain dan hosting pada web tersebut.

Pada Tahun Kedua penelitian ini bertujuan untuk menambahkan fitur dan  mengembangkan aplikasi Berbasis Image Arsips Management Process Model  yang memiliki sistem notifikasi dan kontrol dengan media sms dan email, yang dapat secara otomatis mengingatkan sejarah penyimpanan Arsip.

Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan inovasi dari system informasi yang berbasis web service dan mengembangkan system informasi perangarsipan yang terotomatisasi sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat ataupun industri.Adapun tujuan khususnya yaitu, menghasilkan aplikasi web yang bersifat open source yang dapat diterapkan di seluruh lembaga pendidikan maupun instansi pemerintah, karena dapat mengikuti pola maupun prosedur pengendalian Arsip yang terdapat pada lembaga pendidikan tersebut. Aplikasi Berbasis Image Arsips Management Process Model  yang memiliki sistem notifikasi dan kontrol dengan media sms dan email, yang dapat secara otomatis mengingatkan sejarah penyimpanan Arsip.


Keywords


e-arsip; email; sms; proses; sistem; notifikasi; kontrol.

Full Text:

PDF

References


Kadir. (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Purbo. (2006). Aplikasi berbasis PHP dan MySQL. Elex media komputindo, Jakarta.

Wang. (2011).Electronik-Document-Based Management Proses Model for Image Archiver in Universities.

Sugiono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R & D. Bandung: ALFABETA.

Stavroula et al (2009). “DIAGNOSIS: A Telematics-Enabled System forMedical Image Archiving, Management, and Diagnosis Assistance”. IEEE Transactions On Instrumentation And Measurement, Vol. 58, No. 7, July 2009 page 2113

Atin Triwahyuni (2011). “APLIKASI E-ARSIP PADA STMIK PALCOMTECH PALEMBANG ”. Seminar Nasional Informatika 2011 (semnasIF 2011) UPN ”Veteran” Yogyakarta, 2 Juli 2011 ISSN: 1979-2328.

Rita Prima Bendriyanti & Leni Natalia Zulita (2012). Implementasi E-Arsip Pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu. Jurnal Media Infotama Vol.8 No.1 Februari 2012 ISSN 1858 – 2680




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v7i2.768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub