Game Berbasis Adventure Sebagai Pendukung Pembelajaran Pengenalan Kata Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini

. Marzuki, Fandri Chandra

Abstract


Lingkungan awal tempat anak belajar adalah pada lingkungan keluarga atau rumahnya. Dengan demikian, guru primer bagi anak adalah orang tua dan semua pihak yang terdapat dalam keluarganya. Baru kemudian setelah sang anak mendapat pendidikan formal di sekolah, lingkungan belajar anak berubah dan mendapatkan seorang guru sebagai sumber ilmu. Hal-hal awal yang dilakukan oleh anak pada usia dini adalah bermain. Bahkan dapat dikatakan bahwa kehidupan masa kecil anak dihabiskan dengan bermain. Dengan bermain, banyak hal yang dapat dipelajari oleh anak. Ada pun yang menjadi permasalahan dalam pembuatan tugas akhir ini adalah “Bagaimanakah membangun media pembelajaran yang dapat mempermudah anak usia dini dalam menerima pembelajaran pengenalan kata dalam bahasa inggris?”. Seiring dengan media pembelajaran tersebut, saat ini sering digunakan program komputer berupa permainan edukatif untuk membantu pengembangan daya kreatifitas anak. Selain itu hal ini digunakan untuk mengenalkan sejak dini kepada anak tentang teknologi komputer. Jenis Adventure game dipakai untuk mewakili rasa ingin tahu anak untuk berpetualang sebagai tokoh tertentu yang menjelajahi lingkungan sekitarnya. Jenis ini mendeskripsikan pemain sebagai seorang tokoh yang memiliki beberapa property dan kemampuan yang mampu berkembang sesuai dengan tingkatan yang telah dicapai.

Keywords


anak – anak usia dini, adventure, game education

Full Text:

PDF

References


Halff. M. Henry, 2005, Adventure Game for Science Education: Generative

Methods in Explanatory Environments. Halff Resources, San Antonio, USA

Dillon, Teressa, 2005, Adventure Game for Learning and Story Tellin. Future Lab, UK

Budhi, Kurniawan, Robby, 2009, Pengenalan Huruf Hingga Pembentukan Kata Bagi Anak Usia Dini Menggunakan Game Rpg-Adventure Dengan Konsep Enjoyful Learning, Semarang, Indonesia

Chee, Yam San (2007), Embodiment, Embeddedness, and Experience: Game- Based Learning And The Construction of Identity. Research and Practice in Technology Enhanced Learning

Arum, Dewi. (2007). Uji Keunggulan Alat Peraga Wayang Abjad Kontekstual dalam Pencapaian Kemampuan Baca Tulis Anak Kelompok B TK Negeri Singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Lembaga Penelitian Undiksha.

Rozi, Fatkhur, 2009, Game Berbasis Petualangan Untuk Pembelajaran Listening Bahasa Inggris Siswa Kelas X Di Sman 1 Welahan Kabupaten Jepara, Semarang, Indonesia

Jayakanthan, R. (2002). Application of Computer Games in the Field of Education. Emerald.

Departemen Pendidikan Nasional Badan Penelitian Dan Pengembangan, 2007, Naskah Akademik Kajian Kebijakan




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v4i2.535

Article Metrics

Abstract view : 522 times
PDF - 665 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub