Analysis of the use of ChatGPT in question and answer systems as an educational tool

Ivan Felix, Syaeful Anas Aklani

Abstract


Di era digital saat ini, penggunaan teknologi kecerdasan buatan seperti ChatGPT dalam dunia pendidikan menjadi semakin relevan dan penting. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana ChatGPT dapat diintegrasikan dalam lingkungan pembelajaran di sekolah serta mengevaluasi efektivitasnya dalam mendukung siswa dan guru. Studi ini menggunakan pendekatan metode campuran (mixed-method), yang menggabungkan analisis literatur, survei, dan wawancara dengan 100 responden berusia 13–25 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ChatGPT secara signifikan meningkatkan pengalaman belajar melalui peningkatan motivasi, keterlibatan, dan kemampuan pemecahan masalah. Secara kuantitatif, variabel perceived usefulness, kemudahan penggunaan, kredibilitas, dan motivasi hedonis berpengaruh positif terhadap sikap dan niat perilaku pengguna dalam menggunakan ChatGPT. Mayoritas responden menyatakan puas hingga sangat puas terhadap kemampuan ChatGPT dalam membantu tugas akademik dan kemudahan penggunaannya. Temuan kualitatif juga memperkuat bahwa siswa merasa terbantu dan menikmati penggunaan ChatGPT, meskipun terdapat beberapa tantangan terkait keakuratan informasi dalam materi yang kompleks. Secara keseluruhan, studi ini menunjukkan potensi ChatGPT dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan adaptif, serta memberikan rekomendasi untuk penerapan teknologi ini secara efektif dan etis dalam pendidikan.


Keywords


ChatGPT, Teknologi Pendidikan, Kecerdasan Buatan, Sistem Tanya Jawab

Full Text:

PDF

References


A. A. Syanzani, N. Azrina, and V. Fitriani, “Analisis Keefektifan ChatGPT dalam Membantu Proses Belajar pada Mahasiswa STMIK Antar Bangsa”.

S. Yafi, “The Use of Chatgpt as a Tool to Facilitate Writing Scientific Work,” Journal of Loomingulisus ja Innovatsioon, vol. 1, no. 3, pp. 133–140, 2024, doi: 10.70177/innovatsioon.v1i3.1412.

A. E. Saputri and H. Prasetyawati, “Pengaruh Penggunaan Chat GPT Terhadap Efisiensi Komunikasi Pada Karyawan PT Modern Abadi,” 2024. [Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.com/index.php/jurihum

Nur Nindya Risnina, Septica Tiara Indah Permatasari, Aliyya Zahra Nurulhusna, Febina Mushen Anjelita, Cahya Wulaningtyas, and Nur Aini Rakhmawati, “Pengaruh ChatGPT Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa di Institut Teknologi Sepuluh Nopember,” Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, vol. 2, no. 4, pp. 119–132, Nov. 2023, doi: 10.55606/jpbb.v2i4.2364.

M. Husnaini and L. Makrifatul Madhani, “Perspektif Mahasiswa terhadap ChatGPT dalam Menyelesaikan Tugas Kuliah,” 2024.

H. A., R. T. R. L. Bau, and Abd. A. Bouty, “Penggunaan ChatGPT Sebagai Sumber Pembelajaran Adaptif Untuk Menanggapi Kebutuhan Individu Siswa,” VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal, vol. 5, no. 2, pp. 126–135, Apr. 2024, doi: 10.38038/vocatech.v5i2.170.

A. Setiawan and U. K. Luthfiyani, “Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis,” Jurnal PETISI, vol. 04, no. 01, 2023, [Online]. Available: https://chat.openai.com.

S. A. A. Kharis, M. Arisanty, and A. H. A. Zili, “Pengalaman dan Perspektif Pendidik terhadap Penggunaan ChatGPT dalam Pengajaran,” Jurnal Pendidikan, vol. 33, no. 1, pp. 515–524, Mar. 2024, doi: 10.32585/jp.v33i1.5004.

A. Setiawan and U. K. Luthfiyani, “Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis,” Jurnal PETISI, vol. 04, no. 01, 2023, [Online]. Available: https://chat.openai.com.

F. Pardomuan Siregar, S. Wahyudi, D. Amelia Chandra, and A. Aprilia Dwiana, “Chatgpt Dalam Mendukung Pembelajaran Di Sekolah,” vol. 6, no. 1, 2024, doi: 10.23960/jpvti.

J. Pendidikan and D. Konseling, “Utilisation of ChatGPT’s Artificcial Intelligence in Improving the Quality and Productivity of Lecturers’ Work.”

A. Syahri, L. Efriyanti, S. Zakir, and M. Imamuddin, “Pengaruh Penggunaan Chat Gpt Terhadap Pola Pikir Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Metodologi Penelitian: Studi Penelitian Kuantitatif,” Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), vol. 5, no. 1, pp. 135–143, Mar. 2024, doi: 10.52060/jipti.v5i1.1910.

D. Dwihadiah, A. Gerungan, H. Purba, P. Studi Pendidikan Jarak Jauh Ilmu Komunikasi, and U. Pelita Harapan, “Penggunaan ChatGPT di Kalangan Mahasiswa dan Dosen Perguruan Tinggi Indonesia”.

M. Husnaini and L. Makrifatul Madhani, “Perspektif Mahasiswa terhadap ChatGPT dalam Menyelesaikan Tugas Kuliah,” 2024.

F. Nur, I. Sartika, E. Maghfiroh, Y. T. Mursityo, and P. Korespondensi, “Analisis Faktor Yang Memengaruhi Niat Dan Perilaku Penggunaan Chatgpt Pada Mahasiswa Menggunakan Model Utaut2 Termodifikasi,” 2024.

Muhammad Hisyam Nashir, Teddy Kurnia Wirakusumah, and Dedi Rumawan Erlandia, “Hubungan Penggunaan ChatGPT Dengan Pemenuhan Kebutuhan Mahasiswa,” Filosofi : Publikasi Ilmu Komunikasi, Desain, Seni Budaya, vol. 1, no. 1, pp. 129–139, Feb. 2024, doi: 10.62383/filosofi.v1i1.57.

U. Negeri Makassar Romlah, F. Padli, H. Angelia Azizah, and N. Istiqomah, “Peran ChatGPT dalam Pengalaman Belajar Mahasiswa di.” [Online]. Available: https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/450

H. A., R. T. R. L. Bau, and Abd. A. Bouty, “Penggunaan ChatGPT Sebagai Sumber Pembelajaran Adaptif Untuk Menanggapi Kebutuhan Individu Siswa,” VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal, vol. 5, no. 2, pp. 126–135, Apr. 2024, doi: 10.38038/vocatech.v5i2.170.

M. Husnaini and L. Makrifatul Madhani, “Perspektif Mahasiswa terhadap ChatGPT dalam Menyelesaikan Tugas Kuliah,” 2024.

E. Sri Susilawati, E. Supriatna, M. Hefer Smas, and I. Arini, “Analysis of the Use of GPT Chat to Improve Student Performance,” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 5, pp. 127–136, 2024, [Online]. Available: http://jurnaledukasia.org




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v16i1.4141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub