Perancangan Media Sosialisasi Lagu Daerah Indonesia Menggunakan Pendekatan lo-fi (low-fidelity)

Melvin Winata, Bayu Syahputra

Abstract


Artikel ini membahas perancangan media sosialisasi lagu daerah Indonesia dengan menggunakan pendekatan musik lo-fi (low-fidelity). Latar belakang penelitian ini adalah menurunnya minat generasi muda terhadap musik tradisional Indonesia, termasuk lagu-lagu daerah. Generasi muda cenderung lebih tertarik pada musik modern dan barat, sehingga diperlukan inovasi untuk membangkitkan minat mereka terhadap musik tradisional. Pendekatan musik lo-fi dipilih karena estetikanya yang sederhana namun populer di kalangan generasi muda. Dengan mengintegrasikan elemen-elemen lo-fi seperti desisan pita dan suara statis, aransemen baru lagu-lagu tradisional dapat dihasilkan, sehingga lebih relevan bagi para siswa. Melalui pendekatan ini, diharapkan pelajar dapat terhubung kembali dengan budaya mereka sekaligus mengapresiasi kekayaan warisan seni Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model 4D (define, design, development, dan disseminate) yang bertujuan untuk melestarikan lagu-lagu tradisional, meningkatkan apresiasi generasi muda terhadap musik daerah, dan menciptakan peluang keterlibatan melalui perpaduan gaya musik tradisional dan kontemporer. Hasil dari proyek ini menghasilkan musik berjudul, “Lofi – Yamko Rambe Yamko & Ampar-ampar pisang” dengan durasi 4 menit dan 17 detik. Dari hasil diseminasi, total yang memutar lagu sebanyak 30 kali. Dalam merancang lagu ini bisa meningkatkan minat terhadap lagu tradisional di kalangan pendengarnya. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan lo-fi dapat menjadi media efektif dalam memperkenalkan kembali lagu daerah kepada generasi muda secara menarik dan relevan.


Keywords


lo-fi (low-fidelity), Lagu Daerah, Research and Development, Model 4D

Full Text:

PDF

References


M. Syah, H. Fikra, W. Hernawan, and Y. Huriani, “Perbawa Musik Low-Fidelity (Lo-fi) dalam Proses Belajar: Studi Takhrij dan Syarah Hadis,” Conf. UINSGD, vol. 8, pp. 639–648, 2022.

G. Yue and W. Shu Han, “Digital Technologies in Mastering Musical Styles of European Culture by Chinese Students,” 2020.

S. Haminah Sabiah Vitry, “Analisis Peranan Pemuda Dalam Melestarikan Budaya Lokal Di Era Globalisasi,” Triwikrama J. Multidisiplin Ilmu Sos., 2024.

S. Suryati, “Planning arrangement of medley regional songs on choir for the preservation of local culture,” Linguist. Cult. Rev., vol. 5, no. S3, pp. 977–991, Nov. 2021, doi: 10.21744/lingcure.v5ns3.1696.

A. D. CEYLAN and İ. ÖZAL GÖNCÜ, “Descriptive analysis of dyscalculia articles published in Turkiye and a music-supported model proposal for dyscalculia education,” J. Educ. Gift. Young Sci., vol. 11, no. 1, pp. 45–53, Mar. 2023, doi: 10.17478/jegys.1225122.

J. Pendidikan Transformatif et al., “‘Peran Media Massa dalam Membentuk Opini Publik dalam Konteks Kewarganegaraan,’” 2022.

H. Budiawan and N. U. Aulia, “Violin Teaching in Sanggar Merah Putih: Case Study of Budi Yuntono’s Teaching Style,” Gondang J. Seni dan Budaya, vol. 6, no. 2, p. 272, Dec. 2022, doi: 10.24114/gondang.v6i2.35692.

V. D. Lim et al., “Perancangan Media Sosialisasi Lagu Daerah Indonesia Menggunakan Pendekatan Electronic Dance Music,” 2020.

B. Syahputra and B. Tandian, “Designing Indonesian tribal Song Content with a Lo-fi Music Approach Through the YouTube Application,” vol. 4, no. 1, 2024.

A. G. Azis and I. M. Rusmana, “Pengembangan Media Lagu Rumus Matematika Berbasis Audio Player Untuk Kelas Vi Sd/Sederajat,” vol. 1, no. 3, p. 2020, 2020, doi: 10.46306/lb.v1i3.

I. B. Tarigan, P. Studi, S.-1 Pendidikan, M. Fakultas, and S. Pertunjukan, “Perancangan Aransemen Lagu Desaku Yang Kucinta Sebagai Media Pembelajaran Ekstrakurikuler Ansambel Recorder Di Sekolah Dasar Bantul Warung Skripsi Program Studi S-1 Pendidikan Musik Disusun oleh,” 2020.

U. D. C. Ningrum and T. B. P. and F. Tyasrinestu, “Perancangan Konten Lagu Anak Pada Aplikasi Tiktok Sebagai Media Edukasi,” 2021.

P. Thomas and A. Nurkhin, “The Development Of Learning Sets And Research Methodology Module Using Problem Based Learning For Accounting Education Students,” J. Account. Bus. Educ., vol. 1, no. 1, p. 77, Sep. 2016, doi: 10.26675/jabe.v1i1.6731.

F. F. Dewi and S. L. Handayani, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 2530–2540, Aug. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i4.1229.

S. Nabila, I. Adha, and R. Febriandi, “Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3928–3939, Sep. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1475.

I. Gede, N. Suta Waisnawa, I. Ayu, A. Arsani, and N. Sutarna, “Pengembangan Jobsheet Berbasis Teaching Factory Dengan Model 4D sebagai Media Pembelajaran Praktek Bubut,” 2022.

N. Rai Vivien Pitriani, I. Gusti Ayu Desy Wahyuni, I. Ketut Bali Sastrawan, and S. Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, “Pengembangan Media Poster Berbasis Pictorial Riddle Model 4D Sebagai Bahan Ajar Mata Kuliah Pendidikan Agama Program Studi Pendidikan Agama Hindu,” J. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 1, 2023.

N. I. HL, N. Nasruddin, A. E. Sejati, and A. Sugiarto, “Developing Teaching Material of Research Methodology and Learning with 4D Model in Facilitating Learning During the Covid-19 Pandemic to Improve Critical Thinking Skill,” J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 9, no. 2, p. 541, May 2023, doi: 10.33394/jk.v9i2.7110.

A. PUJARA, “Decoding the Rise of Lo-fi Music,” 2022.

M. P. Dsouza et al., “‘I would want to listen to it as a medicine’–Lo-fi music and state anxiety, a mixed-methods pilot study on young adults,” Int. J. Adolesc. Youth, vol. 29, no. 1, 2024, doi: 10.1080/02673843.2024.2388787.

P. T. Fredrik pridatirta, “Manfaat Musik Lo-Fi Untuk Membantu Relaksasi Belajar,” 2020.

Z. Arifin, “Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Adobe Flash Berbasis Android Pada Kompetensi Dasar Konsep Pemasaran Online Di Kelas X Pemasaran Smk Negeri 1 Surabaya,” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 6, no. 2, pp. 130–137, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v16i1.4119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub