Transformasi Data Penjualan Sepeda Eropa Melalui Dashboard Visualisasi Interaktif

Fatimah Az Zahra, Eko Darmanto

Abstract


Penurunan laba yang signifikan di industri manufaktur sepeda di Eropa disebabkan oleh persaingan yang semakin ketat, memaksa perusahaan untuk mencari strategi yang lebih efisien dalam meningkatkan profitabilitas. Salah satu pendekatan yang efektif adalah dengan memanfaatkan visualisasi data penjualan melalui dashboard interaktif. Dengan menggunakan alat seperti Google Sheets, Big Query, dan Looker Studio, dashboard ini menyediakan informasi yang jelas mengenai total transaksi, produk yang terjual, biaya, pendapatan, serta distribusi pelanggan berdasarkan usia dan jenis kelamin. Temuan utama penelitian ini secara konsisten menunjukkan bahwa dashboard visualisasi data adalah aset berharga bagi perusahaan manufaktur sepeda. Dengan memberikan wawasan yang lebih baik tentang tren pasar, perilaku konsumen, dan kinerja operasional, dashboard ini memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih tepat sesuai dengan informasi yang didapatkan.

Keywords


Dashboard, Penjualan Sepeda, Visualisasi, Transformasi

Full Text:

PDF

References


I. S. and C. for Strategic, “Memetik Keuntungan dari Perjanjian Transformatif: Studi Mengenai Indonesia EU-CEPA,” Ed. Pertama, p. 11, 2021, [Online]. Available: https://www.csis.or.id/publication/memetik-keuntungan-dari-perjanjian-transformatif-studi-mengenai-indonesia-eu-cepa/

[2] I. Indriyani, I. P. B. Wiranata, and S. Hiu, “Strategi Peningkatan Efisiensi Operasional UMKM di Era Digital: Pendekatan Kualitatif dengan Business Intelligence dalam Implementasi E-Commerce,” INFORMATICS Educ. Prof. J. Informatics, vol. 9, no. 1, p. 23, 2024, doi: 10.51211/itbi.v9i1.2760.

[3] G. Soepriyono and A. Triayudi, “Implementasi Data Mining dengan Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Aksesoris Laptop,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 7, no. 4, p. 2087, 2023, doi: 10.30865/mib.v7i4.6555.

[4] A. Prahendratno et al., Businnes Intelegent: Pengantar Business Intelligence dalam Bisnis, no. June. 2023. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/371608098_BUSINESS_INTELEGENT_Pengantar_Business_Intelligence_dalam_Bisnis

[5] M. G. Efgivia, DARI BIG DATA KE CLOUD COMPUTING: MASA DEPAN SISTEM INFORMASI YANG TERHUBUNG, September,. Kabupaten Bandung: CV WIDINA MEDIA UTAMA, 2024.

[6] H. Alaurrahman, “PENGEMBANGAN BUSINESS INTELLIGENCE BERBASIS GOOGLE UNTUK MENDUKUNG PELAPORAN KINERJA BISNIS PADA JASA CYCLING TOUR,” 2024.

[7] Johannes Kurniawan, Analisis Dan Visualisasi Data, April, 202., vol. 3, no. 1. Kabupaten Bandung: CV WIDINA MEDIA UTAMA, 2023. [Online]. Available: https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

[8] R. Kaestria et al., “Penerapan Matplotlib dalam Visualisasi Data untuk Analisis Hubungan Penggunaan Gadget dan Hasil Belajar,” J. Digit. Bus. Inf. Technol., pp. 29–39, 2024, doi: 10.23971/jobit.v1i1.204.

[9] and others Chyan, Phie and Gustiana, Pengantar Data Science: Mengambil Keputusan Berdasarkan Data. Kab. Deli Serdang: Penerbit Mifandi Mandiri Digital, 2024.

[10] W. . Sulistyoningsih, I. N. Y. A. Wiajaya, and H. S. Alam, “Penerapan Model Business Intelligence Pada Perusahaan Retail XLT Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 17, no. 1, p. 33, 2023, doi: 10.32815/jitika.v17i1.893.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v16i1.4052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub