Pemilihan Produk Keju Mozarella menggunakan Metode Promethee Berbasis Web dalam Upaya Peningkatan Minat Beli Konsumen

Imam Sanjaya, Gina Purnama Insany, Rian Raihan M

Abstract


Keju mozzarella merupakan salah satu produk makanan yang sangat digemari. Produk yang sangat populer dalam industri makanan, terutama dalam berbagai hidangan Italia seperti pizza, pasta, dan hidangan panggang lainnya. Banyaknya merek dan varian keju mozarella dipasaran seringkali membuat konsumen kesulitan dalam memilih produk yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan rekomendasi produk keju mozzarella yang paling sesuai dengan preferensi konsumen, guna meningkatkan minat beli dipasar. Menggunakan metode Promethee (Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluations), dengan pendekatan pemilihan produk keju mozzarella melalui evaluasi multikriteria. Sumber data penelitian ini diperoleh melalui survei konsumen dan wawancara dengan stakeholder terkait di Kabupaten Sukabumi untuk mengidentifikasi kriteria penting yang mempengaruhi keputusan pembelian, seperti harga, rasa, tekstur, kemasan, informasi kandungan nutrisi, ketersediaan, warna, dan kadaluarsa. Dalam penelitian ini ada 13 produk keju mozzarella (Perfetto, Olden Burger, Anchor, Arla, Del’s, Emina Mozza, Kraft Quick Melt, Prochiz, Greenfields, Ganesha Sora, Green Valley, Zayco313 & Baros Cheese). Hasilnya Produk keju mozzarella Arla menjadi rangking 1 dengan Berdasarkan nilai leaving flow (0,322917), entering flow (0,0625) dan nilai net flow (0,260417), menjadikan produk Arla menjadi alternatif yang paling sesuai dengan kebutuhan konsumen. dalam aspek kelebihan terbanyak dari hasil seluruh perhitungan. Rangking ke 2 produk keju Del’s dengan nilai leaving flow (0,3125), entering flow (0,052083) dengan nilai net flow (0,260417). Penelitian ini mengintegrasikan pengembangan situs web menggunakan metode SDLC/waterfall sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil dan rekomendasi kepada masyarakat yang lebih luas. Dengan memahami preferensi konsumen dan menyediakan informasi yang objektif dan informatif melalui situs web yang mudah diakses, dapat meningkatkan kesadaran dan minat beli terhadap produk keju mozzarella.


Keywords


Keju mozarella; Web; Waterfall; Promethee; Preferensi Konsumen;

Full Text:

PDF

References


T. Patahanny, L. Amar Hendrawati, P. Pembangunan Pertanian Malang, J. Cipto, P. Studi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, and P. Malang, “Pembuatan Keju Mozzarella dengan Enzim Papain dan Ekstrak Jeruk Nipis Mozzarella Cheese Making with Enzyme Papain and Lime Juice,” J. Agriekstensia, vol. 18, no. 2, pp. 135–141, 2019.

D. Nabila Batubara, A. Perdana Windarto, M. Ramdhani Raharjo, and J. A. Jenderal Sudirman Blok No, “Penerapan Promethee Ii Pada Pemilihan Produk Conditioner Sebagai Upaya Peningkatan Minat Beli Konsumen,” 2019.

T. Imandasari, A. Wanto, and A. P. Windarto, “Analisis Pengambilan Keputusan Dalam Menentukan Mahasiswa PKL Menggunakan Metode PROMETHEE,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 3, p. 234, 2018, doi: 10.30865/jurikom.v5i3.677.

A. Waluyo, “Sistem Pendukung Keputusan Metode Promethee Pada Pemilihan Produk Skincare,” JOCITIS-Journal Sci. Infomatica Robot., vol. 1, no. 2 SE-Articles, pp. 1–10, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jct/article/view/312

Nikomedes Oba Rendu, Kristina Sara, and Anastasia Mude, “Penerapan Metode Promethee pada Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa,” SATESI J. Sains Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 83–90, 2022, doi: 10.54259/satesi.v2i2.1113.

F. H. Nurprayogi, A. T. Wibowo, and M. K. Milad, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Dan Prioritas Pengadaan Barang Berbasis Web Dengan Metode Promethee,” INFORMAL Informatics J., vol. 4, no. 3, p. 108, 2020, doi: 10.19184/isj.v4i3.14160.

M. Wicaksono and M. Ighsan Lucky, “Implementasi Metode Promethee Pada Pemilihan Registrar Domain Di Indonesia,” J. Ilm. Inform., vol. 11, no. 01, pp. 94–101, 2023, doi: 10.33884/jif.v11i01.7174.

R. Watrianthos, K. Kusmanto, E. F. S. Simanjorang, M. Syaifullah, and I. R. Munthe, “Penerapan Metode Promethee Sebagai Sistem Pendukung Keputusan Pemeringkatan Siswa,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 3, no. 4, p. 381, 2019, doi: 10.30865/mib.v3i4.1546.

K. Pemilihan Smartphone Terbaik et al., “Penerapan Metode Promethee Untuk Pendukung,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 224–229, 2019.

I. H. Yusrina et al., “B a a r,” vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2019.

T. Patahanny, L. A. Hendrawati, and Nurlaili, “Pembuatan Keju Mozzarella dengan Enzim Papain dan Ekstrak Jeruk Nipis,” J. Agriekstensia, vol. 18, no. 2, pp. 135–141, 2019.

Nadia Maharani, Isya Arum Sari, Dani Agung Wicaksono, and Umi Nuraini, “Kajian Penggunaan Jenis Rennet Nabati dan Hewani Terhadap Kualitas Fisik dan Kimia Keju Mozarella Susu Sapi,” J. Student Res., vol. 1, no. 1, pp. 423–431, 2023, doi: 10.55606/jsr.v1i1.1083.

N. M. Rahadianto, A. A. Rumanti, and R. P. Soesanto, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Industri Kuliner Dengan Metode Fuzzy Ahp-Topsis Design of Decision Support System for Determining the Location of Culinary Industry By Fuzzy Ahp-Topsis Method,” vol. 8, no. 5, pp. 8246–8258, 2021.

H. Syahputra, M. Syahrizal, S. Suginam, S. D. Nasution, and B. Purba, “SPK Pemilihan Konten Youtube Layak Tonton Untuk Anak-Anak Menerapkan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS),” Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, vol. 1, no. 1, pp. 678–685, 2019, [Online]. Available: https://prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/215/210

E. R. Rahmi, E. Yumami, and N. Hidayasari, “Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: Systematic Literature Review,” Remik, vol. 7, no. 1, pp. 821–834, 2023, doi: 10.33395/remik.v7i1.12177.

K. D. Yulianto and S. Piu, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pemesanan Produk Kecantikan Berbasis WEB Pada Toko Khalisha Kosmetik,” vol. XVII, no. 2, pp. 418–426.

D. A. H. Kusuma, K. Kusnadi, W. Ilham, P. Sokibi, and R. T. Subagio, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pupuk Pada Tanaman Buah Mangga Menggunakan Metode Topsis Berbasis Web,” J. Digit, vol. 12, no. 2, p. 191, 2022, doi: 10.51920/jd.v12i2.295.

F. & M. Y. P. Ilham Budiman1), Sopyan Saori2), Ramdan Nurul Anwar3), “Analisis Pengendalian Mutu Di Bidang Industri Makanan (Studi Kasus: UMKM Mochi Kaswari Lampion Kota Sukabumi),” vol. 1, no. March, 2021.

R. R. Putra, A. Fergina, G. Pramuka, and K. Ranting, “Perancangan Sistem Informasi Kwartir Ranting,” no. September, pp. 1–7, 2022.

Maela and A. Perdananto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produk Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Bebasis WEB,” J. Ilmu Komput. dan Sci., vol. 1, no. 4, pp. 326–336, 2022.

F. A. Sukma and A. W. Utami, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Menggunakan Metode VIKOR Berbasis Website,” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 03, no. 04, pp. 128–138, 2022.

S. Somantri, G. P. Insany, and R. R. Putra, “Perancangan Sistem Bimbingan Syarat Kecakapan Umum Pramuka Berbasis Android,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 6, no. 2, pp. 201–210, 2023, doi: 10.36080/idealis.v6i2.3038.

M. Muqorobin, A. Apriliyani, and K. Kusrini, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW,” Respati, vol. 14, no. 1, pp. 76–85, 2019, doi: 10.35842/jtir.v14i1.274.

S. Anwar, A. Priyanto, and C. Ramdani, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Lokasi Objek Wisata Menggunakan Metode Topsis,” Skripsi, vol. 5, pp. 1–9, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v15i2.3720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub