Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Stok Barang berbasis Web pada Perusahaan Busana Muslim

Ilham Maulana, Novita Br Ginting, Eko Hadi Purwanto

Abstract


- PT. Alwahijab adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan distribusi busana muslim yang dipasarkan secara online. Permasalahan yang terjadi pada sistem yang berjalan saat ini adalah ketika adanya pemesanan masuk tetapi tidak ada stok barang yang disebabkan oleh pengelolaan data stok barang yang kurang efektif. Untuk itu maka diperlukan sistem pengelolaan stok barang agar data Stok yang disajikan ke konsumen sesuai dengan jumlah stok sebenarnya, data yang valid, cepat, dan mudah diakses juga akan berguna untuk manajer guna mengetahui stok serta asset yang mengen-dap dalam produk yang belum terjual. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat Sistem Informasi Persediaan Stok Barang, yang dapat mengelola barang masuk dan keluar, stok barang, data pelanggan, pengiriman, transaksi pemesanan. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengembangan sistem waterfall, dimana tahapan pengembangan sistem informasi dilakukan secara bertahap dan berurutan, mulai dari analisis kebutuhan, desain, implementasi, testing, dan maintenance. Black box testing dilakukan untuk mengevaluasi fungsi sistem secara keseluruhan tanpa melihat implementasi internalnya. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi pengelolaan stok barang, sistem informasi ini dapat memudahkan pengguna dalam melakukan pengelolaan stok barang dengan lebih efektif dan efisien, serta dapat membantu dalam pengambilan keputusan terkait pengelolaan stok barang.


Keywords


Sistem Informasi; Pengelolaan; Stok; Busana Muslim; Data

Full Text:

PDF

References


Y. Afrianto, N. Br Ginting, S. Suratun, and Y. Nelawati, “Sistem Informasi Inventory P.O.S (Point of Sales) Berbasis Web Pada Counter Cellular,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 6, no. 2, pp. 125–134, 2020, doi: 10.33330/jurteksi.v6i2.407.

H. I. T. Simamora, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Cv Mitra Tani Menggunakan Metode Prototype,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 6, no. 2, pp. 173–178, 2020, doi: 10.33330/jurteksi.v6i2.552.

N. Hidayat and N. Br. Ginting, “Sistem Informasi Monitoring Stok Ikan Hias Berbasis Web,” pp. 270–277, 2019.

Rizaldi, “Penerapam Waterfall Dalam Membangun Sistem Informasi Pengolahan Data,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. IV, no. 1, 2017.

R. Yusnia, S. Setiatin, W. Nadiroh, and C. Mecca Sufyana, “Perancangan Sistem Informasi Retensi Rekam Medis Pasien Rawat Inap Menggunakan Visual Studio 2010 di Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya,” J. Heal. Sains, vol. 2, no. 8, pp. 1049–1062, 2021, doi: 10.46799/jhs.v2i8.252.

A. Suryadi, “Sistem Informasi Rekap Buku Online Menggunakan Metode Waterfall,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 6, no. 2, pp. 101–108, 2020, doi: 10.33330/jurteksi.v6i2.417.

R. S. Pressman, “Rekayasa perangkat lunak pendekatan praktisi (buku satu),” Yogyakarta Andi, 2002.J. Whitten and L. Bentley, Systems Analysis & Design Methods 7th Edition. Times Mirror/Mosby College Publishing, 2017.

H. M. Jogiyanto, “Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur,” Andi, Yogyakarta, 2005.

M. Salahudin and A. S. Rosa, “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek,” Bandung Inform., 2013.

H. Al Fatta, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Penerbit Andi, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v14i1.3054

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub