Analisis Aspek dalam Quality In Use ISO 25010 Pada Aplikasi Gojek (Go-Jek)

Nur Irvan Rizqi, Putra Umamul Musthofa, M.Hanif Mighdad Ghibran, Muhammad Nur Syafrijal, Rikza Ramadhan, Dwi Rolliawati

Abstract


Jasa transportasi online atau ojol di Indonesia sangat populer dan diminati oleh semua lapisan masyarakat. Salah satunya adalah perusahaan Gojek. Para user dimudahkan dengan pemesanan dan pelayanan menggunakan aplikasi Gojek. Terdapat bermacam-macam fitur di dalam Gojek untuk memenuhi kebutuhan user. Aplikasi tersebut diukur berdasarkan lima faktor di dalam quality in use ISO 25010. Faktor tersebut adalah Effectiveness, Efficiency, Satisfaction, Freedom from risk, dan Context coverage. Tujuan penelitian yang dilakukan untuk menguji dan mengukur kualitas aplikasi gojek untuk melayani keperluan masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model penelitian kuantitatif deskriptif sehingga setiap data yang diolah akan dijelaskan lebih lanjut menjawab sesuai dengan fenomena yang ditemukan. Untuk mendapatkan setiap data dan informasi penelitian dilakukan dengan cara kuesioner. Adanya penilaian aplikasi Gojek dari kuisioner yang kami sebarkan diharapkan mampu mengukur kualitas dari aplikasi tersebut. Sehingga perusahaan Gojek dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Dari hasil pengukuran aplikasi Gojek berdasarkan model Quality in Use pada ISO 25010 secara hasil ialah bagus sekali dengan persentase 17,0 persen dari 20 persen. Dengan hasil itu maka aplikasi Gojek memiliki kualitas yang bagus sekali. Untuk itu dari hasil ini diharapkan mampu menjadi dasar pengembangan serta perbaikan aplikasi gojek supaya mampu mempertahankan kualitasnya.

 


Keywords


Quality in Use; System and Software Quality; Gojek; Online Transportation

Full Text:

PDF

References


M. Ihsan and A. P. Siregar, “Pengaruh E-service Quality Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Ojek Online Go-Ride dalam Aplikasi Go-Jek melalui Kepercayaan Konsumen di Kota Jambi,” J. Manaj. dan Sains, vol. 4, no. 1, pp. 170–175, 2010, doi: 10.33087/jmas.v4i1.85.

A. Sutanti, “Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Sistem Informasi Hotel Berbasis Standard Iso 9126,” J. Mikrotik, vol. 6, no. 3, pp. 1–21, 2016.

L. I. Sintya, S. L. H. V. J. Lapian, and M. M. Karuntu, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-Jek Online Pada Mahasiswa Feb Unsrat Manado The Influence Of Price And Quality Of Service On Customer Satisfaction Of Go-Jek Online Transportation Services In Student Feb,” J. EMBA, vol. 6, no. 3, pp. 1778–1787, 2018.

M. Arisanty, W. Anindhita, and D. Rahmawati, “Analisis Penerapan Teknologi Komunikasi Tepat Guna Pada Bisnis Transportasi Ojek Online,” Pros. Semin. Nas. Indocompac, vol. 2, no. 1, pp. 712–729, 2016.

R. D. R. Dako, “Pengujian karakteristik Functional Suitability dan Performance Efficiency tesadaptif.net,” Jambura J. Electr. Electron. Eng., vol. 3, no. 2, pp. 66–71, 2021.

A. Bayu, M. Kamim, and M. R. Khandiq, “Gojek dan Kerja Digital : Kerentanan dan Ilusi Kesejahteraan yang Dialami Oleh Mitra Pengemudi Dalam Kerja Berbasis Platform Digital,” J. Stud. Pemuda, vol. 8, no. 1, pp. 59–73, 2019, doi: http://doi.org/10.22146/studipemudaugm.45240 Gojek.

S. Lungsae and M. R. Maika, “Pengembangan Layanan Aplikasi Go-Jek Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan,” Infomatek, vol. 23, no. 1, pp. 7–20, 2021.

R. R. F. Mu’izz, “Kualitas Aplikasi Mobile Go Jek Di Kalangan Masyarakat Kota Surabaya,” Surabaya, 2020.

A. Hidayati, “Penilaian Kualitas Aplikasi WEB degan ISO 9126,” ITS SURABAYA, 2009.

A. Hussain and E. O. C. Mkpojiogu, “An application of the ISO/IEC 25010 standard in the quality-in-use assessment of an online health awareness system,” J. Teknol., vol. 77, no. 5, pp. 9–13, 2015, doi: 10.11113/jt.v77.6107.

L. Rizaldy and W. Suharso, “Evaluasi Kualitas Aplikasi Mobile Sistem Informasi Akademik Berbasis Iso/Iec 25010 Dengan Metode Simple Additive Weighting,” J. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

I. Alfian, “Analisis Kualitas Sistem Aplikasi M-Library Di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada 1,” Universitas Gajah Mada, 2021.

A. Hamzah, Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2020.

D. Daryanto, M. K. Anam, and Y. Efendi, “Pengujian ISO 25010 Pada Smart Chair Akupresure Berbasis Internet Of Things (IoT),” J. MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 6, no. 3, pp. 1476–1483, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i3.4134.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakartaa: Rineka Cipta, 2019.

H. Afiah, E. Darwiyanto, and D. D. J. S, “Evaluasi Kualitas Website Bandung Smart City Menggunakan ISO / IEC 25010 Quality-in-Use Model,” e-Proceeding Eng., vol. 6, no. 2, pp. 1–8, 2019.

D. E. Irawan et al., “Penerapan Open Science Di Indonesia Agar Riset Lebih Terbuka, Mudah Diakses, Dan Meningkatkan Dampak Saintifik,” Berk. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 13, no. 1, pp. 25–36, 2017, doi: http://10.22146/bip.17054.

M. D. Mulyawan, I. N. S. Kumara, I. Bagus, A. Swamardika, and K. O. Saputra, “Kualitas Sistem Informasi Berdasarkan ISO / IEC 25010 : Literatur Review,” Maj. Ilm. Teknol. Elektro, vol. 20, no. 1, pp. 15–28, 2021, doi: https://doi.org/10.24843/MITE.2021.v20i01.P02.

B. R. Putra, “Pengaplikasian Iso/Iec 25010 Untuk Mengevaluasi Website Smkn 1 Palangkaraya,” STMIK Palangkaraya, 2021.

M. Izzatillah, “Quality Measurement Of Transportation Service Application Go-Jek Using Iso 25010 Quality Model,” J. Simetris, vol. 10, no. 1, pp. 233–242, 2019, doi: 10.24176/simet.v10i1.2945.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v14i1.2636

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub