Pengembangan E –Module Mata Kuliah Akuntansi Biaya Pada Mahasiswa Fakultas Bisnis Universitas Mitra Indonesia Di Masa Pandemi Covid 19

Pipit Novilasari Sanjaya, Desi Derina Yusda

Abstract


Kondisi pada masa covid 19 mengharuskan setiap individu untuk melakukan kegiatan dirumah, salah satunya kegiatan pembelajara. Implikasi bagi kegiatan pembelajaran yaitu penyelenggaraan pembelajaran secara daring. Dosen diharuskan meningkatkan kreatifitas dan inovatif dalam mendisain pola pembelajaran dan dibiasakan menggunakan teknologi dalam pembelajaran daring. Penelitian ini akan mengembanggkan e-module untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran. Dengan e-module dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dibanding penggunaan buku teks. Penelitian ini bertujuan adalah untuk (1) memperoleh informasi tentang kondisi bahan ajar yang digunakan oleh dosen untuk mengajar Akuntansi Biaya, (2) mengembangkan media pembelajaran berupa e-module mata kuliah akuntansi biaya yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran mahasiswa semester III Fakultas Bisnis Universitas Mitra Indonesia. Penelitian ini menggunakan rancangan research and development, berupa pengembangan dan validasi produk dengan subjek uji terdiri dari 2 ahli pembelajaran, 2 teman sejawat, dan 20 mahasiswa untuk uji efektivitas penerapan dengan cara memberikan E- Modul Akuntansi Biaya untuk dilihat dan dipelajari, setelah itu mahasiswa tersebut diberikan angket untuk menilai kemenarikan E-Modul tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pendapat para ahli, e-module akuntansi biaya yang dikembangkan mudah untuk digunakan (user friendly) dan masih perlu disempurnakan lagi. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan e-module layak untuk di kembangkan pada mata kuliah yang berbeda.


Keywords


Akuntansi Biaya;E-module;Pengembangan;Media Belajar

Full Text:

PDF

References


Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: CV Alfabeta, 2017.

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2015.

F. &. R. Firman, "Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid 19," Indonesian Journal of Educational Science (IJES), vol. 2, pp. 81-89, 2020.

S. S. W. Sudji Munadi, "Pengembangan Modul Kontruktivistik Kontekstual Berbantuan Komputer Dalam Mata Diklat Pemesinan," Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 1, no. 1, pp. 51-67, 2011.

D. K. A. S. M. .. G. S. S. S. M. .. Kadek Aris Priyanthi ., "engembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus : Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja)," Jurnal Karmapati, vol. 6, no. 1, pp. 40-49, 2017.

Nasution, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2010.

A. Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP (Unified Software Developing Process), Yogyakarta: Andi, 2010.

F. Constantianus and R. B. Suteja, "Analisa dan Desain Sistem Bimbingan Tugas Akhir Berbasis Web dengan Studi Kasus Fakultas Teknologi Informasi," Jurnal InformatikaUKM, vol. 1, no. 2, pp. 93-106, 2005.

B. P. d. P. Bahasa, "KBBI Daring," Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, 2016. [Online]. Available: https://kbbi.kemdikbud.go.id/. [Accessed Agustus 2021].

A. M. Kusuma and E. Yosrita, "Aplikasi Nuku Digital Bidang Teknologi Informasi Berbasis Android Mobile pada Perpustakaan BPPKI Surabaya Badan Litbang Kementrian Kominfo," Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, vol. 5, no. 2, pp. 57-70, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v12i2.2157

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub