Sistem Informasi Rumah Kost Berbasis Web Studi Kasus pada Paviliun Sejahtera

Agung Rahmatillah, Tomi Saputra, Wuwuh Bekti Hartiningsih

Abstract


Perkembangan sistem informasi yang semakin cepat bisa dimanfaatkan dengan baik melalui banyak hal dalam sistem, namun beberapa pengelola dan calon penyewa usaha sewa rumah kos dan rumah kontrakan masih mengalami kesulitan dalam memiliki suatu sistem yang terintegrasi. Banyak diantara mereka masih melakukan pemesanan rumah kos secara langsung di lokasi tempat kos berada dan informasi yang terbatas mengenai tipe dan fasilitas kamar yang tersedia.  Paviliun Sejahtera merupakan salah satu dari sekian banyak rumah kos yang ada di Indonesia yang belum memanfaatkan internet sebagai media transaksi di dalamnya. Dalam melakukan transaksi pemesanan kamar, pembayaran dilakukan secara manual tanpa memperlibatkan internet sehingga mempersulit penghuni paviliun untuk melihat history transaksi pembayaran, melakukan komunikasi dengan pemilik kontrakan, dan sebagainya. Metode pengembangan sistem informasi yang digunakan adalah metode waterfall yaitu analisa kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, pengujian & testing. Dan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) untuk menemukan sumber masalah. Metode pengumpulan data yaitu observasi dan studi pustaka. Sistem Informasi Rumah Kost Berbasis Web Studi Kasus Pada Paviliun Sejahtera yang mampu memberikan informasi secara lengkap, yang dapat diakses baik melalui browser pada komputer, maupun browser mobile. Dalam pembuatan website ini menggunakan framework PHP CodeIgniter sebagai komponen dari perancangan sistem. Dari hasil penelitian ini, diharapkan dapat membantu Pemilik Paviliun dan penyewa dalam melakukan proses penyewaan rumah kos dengan cara yang lebih tersrtuktur dan efisien.


Keywords


Sistem Informasi Paviliun Sejahtera; Penyewaan; Universitas Mercu Buana

Full Text:

PDF

References


Faturrahman, Membuat Website Mudah dan Pratktis dengan Weebly, Jakarta: Elexmedia, 2014.

Yurinda, Software Engineering, Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2017.

D. Setiawan, Buku Skati Pemrograman Web : HTML, CSS, PHP, MySQL, & Javascript, Yogyakarta: PT. ANAK HEBAT INDONESIA, 2017.

E. Irwansyah and M. V. Jurike, Pengantar Teknologi Informasi, Yogyakarta: deepublish, 2014.

T. R, Manajemen Proyek Sistem Informasi, bagaimana mengoleh proyek sistem informasi secara efektif & efisien, Yogyakarta: Andi Offset, 2012.

Wardana, Aplikasi Website Profesional dengan PHP dan jQuery, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2016. S. Hartati dan S. Iswanti, Sistem Pakar dan Pengembangannya, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v11i2.1495

Article Metrics

Abstract view : 17 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub