Penerapan Metode Technique For Others Reference By Similarity To Ideal Solution (Topsis) Dalam Pemilihan Tanaman Bonsai Terbaik

Sri Ipnuwati, Kencana Aditama

Abstract


Tanaman bonsai dibuat sebagai miniatur  dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua dialam bebas, yang dapat meningkatkan nilai seni karna bentuknya yang unik, nilai seni yang dimaksud adalah dalam hal pemotongan, pemangkasan dan pembentukan cabang pohon sesuai dengan alur yang diinginkan. Untuk menentukan tanaman bonsai terbaik banyak maysarakat hanya menentukan dari bentuk bonsai-nya saja, sebenarnya tanaman bonsai yang terbaik ditentukan dengan kriteria tertentu seperti usia tanaman, tinggi tanaman, jenis batang, kondisi daun, ukuran daun, dan jumlah daun. Dengan adanya permasalahan tersebut penulis ingin membuat Sistem Pengambilan Keputusan dengan metode Technique for Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk menentukan tanaman bonsai terbaik. Dari sejumlah alternatif yang digunakan  sistem ini menghasilkan keputusan bahwa nilai terbaik jatuh pada bonsai kemuning dengan nilai 0.756031.

Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, Bonsai, Metode TOPSIS

Full Text:

PDF

References


S. Dwilestari and S. Nurmiati, “Sistem Pakar Penentuan Style Pada Tanaman Bonsai Menggunakan Metode Certainty Factor,” vol. 28, no. 2, pp. 49–56, 2018.

D. Kurniawan and S. Ipnuwati, “Penggunaan Metode Topsis Menentukan Jenis Bambu Untuk Pembuatan Alat Rumah Tangga ‘Tradisional,’” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

E. Aprilia and S. Ipnuwati, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Wisata Air Terjun Unggulan Dengan Menggunakan Metode Topsis Di Kabupaten Pesawaran,” STMIK Pringsewu Lampung, pp. 53–61.

Ratnasari and T. Susilowati, “Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pengajuan Kredit Sepeda Motor pada Dealer Tunas Dwipa Matra Gadingrejo Menggunakan Metode SAW,” STMIK Pringsewu Lampung, pp. 442–448, 2016.

S. Orr, “Not All Trees Are Cut Out to Be Bonsai.” [Online]. Available: https://www.nytimes.com/2009/02/26/garden/2 6qna.html. [6] “KBBI Kemdikbud.” [Online]. Available: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/bonsai.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v11i1.1457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub