Framework Information Technology Infrastructure Library (Itil V3) : Audit Teknologi Informasi Sistem Informasi Akademik (Siakad) Perguruan Tinggi

Retno Dwi Handayani, RZ Abdul Aziz

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan kemudahan kepada Perguruan Tinggi XYZ untuk mengetahui kinerja ataupun kualitas layanan teknologi informasi Sistem Informasi Akademik yang digunakan dengan cara membandingkan tingkat kematangan teknologi informasi kondisi saat sekarang (Current Maturity) dan kondisi yang akan datang (Expected Maturity), hasilnya merupakan gap analisis dan rekomendasi-rekomendasi untuk perbaikan kualitas layanan teknologi informasi. Audit teknologi informasi pada Perguruan Tinggi digunakan untuk mengetahui kapabillitas teknologi informasi yang digunakan. Audit teknologi informasi ini menggunakan framework ITIL V.3, dengan alasan metode tersebut lebih mudah digunakan dan memberikan rekomendasi untuk memperbaiki kinerja teknologi informasi guna meningkatkan kepuasan stakeholder, kami menjadikan objek audit teknoogi informasi di Perguruan Tinggi XYZ adalah Sistem Informasi Akademik (SIAKAD). Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi langsung ke Perguruan Tinggi XYZ dengan wawancara ke bagian pengembang dan pengguna teknologi informasi dan menyebarkan kuesioner


Keywords


Audit Teknologi Informasi, Gap Analysis, ITIL V3, Maturity Level

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir. 2005. Pengenalan IT. Yogyakarta : 2005 An Introductory Overview of ITIL V3, A High Level Overview of the IT Infrastructure Library, itSMF Ltd, 2007

Dewi Kumala Tri Meva .2013. Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Perusahaan Dengan Penerapan Knowledge Management (Manajemen Pengetahuan). Malang [3] Ian MacDonald. 2010. ITIL Process Asessment Framework.

Andi Jogiyanto. 2011. Tata Kelola Teknologi Informasi . Yogyakarta : Andi

OGC, 2007, The Official Introduction to the ITIL Service Lifecycle, TSO, London.

Rasa, G., S. Jagadheesh Kumar, and RSD Wahida Banu. "Release and deployment management using ITIL." Global Journal of Computer Science and Technology (2010)

Rudd, Colin, and Gary Hodgkiss. "An Introductory Overview of ITIL, itSMF." UK: The Stationery Office (2004).

Sahuleka, Peter Javier. Analisis Kualitas Layanan Teknologi Informasi dengan Menggunakan Framework Information Technology Infrastructure Library Version 3 (ITIL V. 3) Service Operation: studi kasus PT. PLN (Persero) Distribusi Jateng & DIY. Diss. Program Studi Sistem Informasi FTIUKSW, 2016.

Taufik,Ichsan.”Perancangan IT Governance Layanan Akademik Menggunakan Framework Information Technology Infrastrukture (ITIL) versi 3 (Studi Kasus : UIN SGD Bandung).”Jurnal ISTEK 5.1-2(2015).

Utami, Rachmadini Pratiwi, Eko Darwiyanto, and Ibnu Asror. "Audit Infrastruktur Teknologi Informasi dengan Standar Information Technology Infrastructure Library (ITIL) V. 3 Domain Service Strategy dan Service Design (Studi Kasus: Igracias)." Bandung: Telkom University (2014).

Weber, Ron, 2000, Informatioin System Control and Audit, The University of Queensland, Prentice Hall Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v11i1.1456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub