Aplikasi Informasi Pengaduan Electronic Data Capture Merchant (Edc) Berbasis Web

Farhan Firdaus, Fajar Masya

Abstract


PT. Bank Rakyat Indonesia. Merupakan salah satu Bank yang berada dibawah naungan BUMN, berdiri sejak tahun 1895, Bank BRI menawarkan berbagai macam fasilitas untuk masyarakat dan merchant atau nasabah yang berkerjasama dengan BRI. Diantara fasilitas yang ditawarkan Bank BRI adalah penyediaan jasa EDC (Electronic Data Capture). pelayanan pengaduan keluhan dan kerusakan pada EDC yang ada pada merchant, namun untuk saat ini pelaporan kerusakan pada EDC harus melalui beberapa tahapan, artinya tidak bisa langsung berhubungan dengan tim terkait, sehingga proses perbaikannya memerlukan waktu yang lama, hal ini membuat kurang maksimalnya pelayanan Bank BRI dalam mengumpulkan dan menjaring komplain kerusakan EDC. Dengan membuat sarana pengaduan kerusakan dan keluhan merchant EDC yang berupa web maka Merchant Bank BRI dapat mengadukan permasalahan yang ada pada EDC dan diharapkan dapat penanganan langsung dengan tim terkait tanpa dibatasi tempat dan waktu, sehingga merchant pengguna EDC mempunyai kemudahan untuk melakukan komplain mengenai permasalahan EDC kapanpun dan dimanapun


Keywords


electronic data capture, merchant, pengaduan

Full Text:

PDF

References


Azzahra, Manajemen Komplain. Universitas Respati Indonesia, 2015.

E. D. H. Putri, Pengantar Akomodasi Restoran dan Kantor Depan. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

S. Aswati, N. Mulyani, Y. Siagian, and A. Z. Syah, “Peranan Sistem Informasi Dalam Perguruan Tinggi,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 79– 86, 2015.

Krismiaji, Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2015.

R. Abdulloh, Web Programming is Easy. Jakarta: PT. Elex Media Kompurindo, 2015.

J. K. K. Hidayatullah, Priyanto, Pemprograman WEB. Bandung: Informatika Bandung, 2017.

D. Setiawan and Y. A. S. Mahendra, “Perancangan Sistem Informasi Penduduk Pada Kantor Desa Kebonsari,” IJNS - Indones. J. Netw. Secur., vol. 4, no. 2, pp. 21–26, 2015.

Agung G. Membuat Website PHP Dengan CodeIgniter. Jakarta: Elex Media Komputindo; 2015.

S. Edy Winarno, Ali Zaki, Pemprograman Web Berbasis HTML 5, PHP, dan JavaScript. Jakarta: PT. Elex Media Kompurindo, 2014.

Kaihatu, Manajemen Komplain. Yogyakarta: Andi Offset, 2015.

C.S Hutasoit. Jurnal Ilmu Administrasi ( JIA ). 2018;XV(1):1-17.

Kotler, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2016.

A. R. Dewi, “Analisis Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Mahasiswa Menggunakan PIECES pada Prodi Sistem Informasi,” Query, vol. 5341, no. October, pp. 37–46, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v11i1.1454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub