PROTOTYPE SISTEM PENDETEKSI DAN PERINGATAN DINI BENCANA ALAM DI INDONESIA BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT)

Budi Usmanto, Bernadhita H.S.U

Abstract


Bencana seperti gempa bumi, tsunami, banjir, kebakaran hutan, badai angin dan lain-lainnya selalu menimbulkan kerugian baik berupa materi, psikologi juga bisa menyebabkan terjadinya korban jiwa. Untuk mengindari terjadinya kerugian yang lebih besar diperlukan suatu upaya peringatan dini bencana dan sistem informasi untuk memberikan peluang melakukan penyelamatan diri sehingga kerugian bisa di minimalisasi.

Semua bencana alam itu sulit diprediksi kapan terjadi walau kadang ada campur tangan dan akibat dari tangan manusia. Diperlukan suatu alat untuk memonitoring kejadian bencana alam apalagi biasanya bencana alam sering berulang dan karena sulit diprediksi kapan terjadi, sehingga perlunya suatu alat dan sistem yang dapat memantau atau memonitoring secara real time jika terjadi bencana.

Konsep dasar Internet of Things (IoT) “dimanapun, kapanpun dan bagaimanapun” anywhere. anytime, any whay” dan terhubung dengan internet sangat cocok bila diterapkan untuk mendeteksi dan peringatan dini bencana alam. Sistem seperti ini sangat menarik dan akan sangat berguna apabila dapat diterapkan di seluruh daerah di Indonesia, tidak terbatas hanya perkotaan. Bagi negara-negara yang rentan bencana alam seperti Indonesia, IoT bisa digunakan dalam sistem peringatan dini bencana seperti gempa bumi, banjir, kebakaran, badai tanah longsor dan tsunami. Pada perkotaan padat penduduk yang rentan terhadap kebakaran, IoT bisa digunakan untuk memberi alarm pada tetangga sekitar dan secara otomatis memberitahukan petugas pemadam kebakaran.

Sistem pendeteksi dan peringatan dini bencana-bencana alam yang terjadi di Indonesia berbasis Internet of Things (IoT), diharapkan dapat memberikan solusi dalam memberikan tindakan secara cepat dalam upaya penanggulangan bencana alam, sehingga dapat dilakukan upaya tindakan dan penanggulangan resiko akibat bencana alam secara cepat dan akurat dan nantinya juga dapat diintegrasikan dengan sistem lainnya dengan konsep smart city.

 


Keywords


Sistem Pendeteksi; Peringatan Dini; Bencana Alam; Internet of Things (IoT)

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v9i2.1085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub