PEMANFAATAN MODEL ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANNING (EAP) UNTUK PROTOTYPE E-DOCUMENT KEPEGAWAIAN (DOSEN) PADA BAGIAN SUMBER DAYA MANUSIA DI INSTITUT INFORMATIKA DAN BISNIS DARMAJAYA

Halimah Halimah, Bobby Bachry

Abstract


 

Sumber Daya Manusia (Human Resources) dalam sebuah institusi merupakan aset organisasi yang sangat vital karena itu keberadaannya dalam organisasi tidak bisa digantikan oleh sumber daya lainnya. Begitupun informasi dalam sebuah perusahaan sekecil apapun adalah aset yang sangat berharga dalam proses pengambilan keputusan oleh pimpinan. IBI Darmajaya sebagai salah satu institusi yang bergerak dalam bidang pendidikan dalam mencapai visi dan misi organisasi sudah selayaknya memiliki perencanaan pengembangan sistem informasi bagian sumber daya manusia yang mendukung pelaksanaan kegiatan pelayanan baik kepada karyawan, dosen maupun stakeholder lainnya menuju pencapaian visi dan misi organisasi serta tujuan organisasi.

Namun masih banyak ditemukan beberapa permasalahan yaitu semakin menumpuknya dokumen dan masih belum terintegrasinya antar pengelola dokumen, dosen mengalami kesulitan ketika akan mengurus Jenjang Akademik, Kenaikan Pangkat, Usulan Sertifikasi Dosen, Laporan Beban Kinerja Dosen tiap semesternya. Selain itu dokumen seringkali hilang, terselip, hingga susahnya dalam pencarian data/dokumen. Oleh karena itu perlu adanya sistem manajemen dokumen yang terintegrasi dan sistematis.

Metodologi yang digunakan dalam pemodelan penelitian ini adalah Enterprise Architecture Planning (EAP). Dalam EAP, arsitektur menjelaskan data, aplikasi dan teknologi yang diperlukan untuk mendukung proses bisnis biro sumber daya manusia di IBI Darmajaya yang akan menghasilkan blue print untuk arsitektur data, aplikasi dan arsitektur teknologi. Dalam penelitian hanya sampai tahap prototype saja tidak sampai impelementasi.

Dengan memanfaatkan model konseptual arsitektur informasi enterprise e-dokumen kepegawaian berbasis digital untuk mendukung sistem informasi terintegrasi khususnya di Bagian Sumber Daya Manusia untuk meningkatkan kinerja dosen IIB Darmajaya

Keywords


EAP; arsitektur enterprise; e-document; kepegawaian

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v9i2.1076

Article Metrics

Abstract view : 362 times
PDF - 463 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub