E-REPORT BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE MODEL VIEW CONTROLLER UNTUK MENGETAHUI PENINGKATAN PERKEMBANGAN PRESTASI ANAK DIDIK

Robby Yuli Endra, Dwi Synta Aprilita

Abstract


Teknologi dapat dilihat sebagai aktivitas yang membentuk budaya perubahan. Ketepatan, kecepatan, dan kualitas dari suatu system teknologi informasi dibutuhkan dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan suatu kegiatan, pemecahan masalah, pengambilan keputusan secara tepat, cepat dan terarah. Pengembangan teknologi informasi di bidang pendidikan yaitu penciptaan lembar hasil belajar siswa dengan menggunakan teknologi komputerisasi yaitu E-Report. Pada Sekolah Dasar Negeri 1 Penengahan Kec. Kedaton Bandar Lampung dalam penilaian prilaku dan raport siswa masih dinilai secara manual serta hanya dapat diketahui oleh tenaga pengajar yang bersangkutan. Berdasarkan hal tersebut maka dibangun sebuah aplikasi E-Report dengan metode Model View Controller (MVC). MVC merupakan design pattern yang terdiri dari design pattern yang lain disebut sebagai compound pattern.  MVC meliputi 3 design pattern yaitu Composite pattern, Strategy pattern, dan observer pattern. MVC digunakan pada aplikasi web karena memisahkan bagian yang menjadi controller, model, view.

Keywords


Teknologi dapat dilihat sebagai aktivitas yang membentuk budaya perubahan. Ketepatan, kecepatan, dan kualitas dari suatu system teknologi informasi dibutuhkan dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan suatu kegiatan, pemecahan masalah, penga

Full Text:

PDF

References


Andi, M. (2011). Aplikasi Web Database dengan Dreamweaver dan PHP MYSQL. Yogyakarta: Andi Offset.

Azuar Juliandi, I. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Ilmu-Ilmu Bisnis. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Guridno Adi Saputro, A. H. (2013). SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA RUMAH KOS MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER DI KELURAHAN DEMANGAN KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA. Jurnal Script, Institute Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta.

Maurício Aniche, G. B. (2016). A Validated Set of Smells in Model-View-Controller Architectures. 2016 IEEE International Conference on Software Maintenance and Evolution (ICSME). Raleigh, NC, USA: IEEE.

Prabowo, D. (2015). Website E-Commerce Menggunakan Model View Controller (MVC) Dengan Framework Codeigniter. Jurnal Ilmiah DASI.

Priyanto Hidayatullah, J. K. (2015). Pemrograman Web. Bandung: Penerbit Informatika.

Sidik, B. (2012). Pemograman web dengan PHP. Bandung: Informatika.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tobias Olsson, D. T. (2015). Proceedings of the Fourth International Workshop on Games and Software Engineering., (pp. 8-14 ). Florence, Italy.

Wirawan, P. W. (2010). Model-View-Controller (MVC) Design Pattern Untuk Aplikasi Perangkat Bergerak Berbasis Java. PROSIDING SEMINAR NASIONAL ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS DIPONEGORO.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v9i1.1028

Article Metrics

Abstract view : 300 times
PDF - 217 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub