Penggunaan Metode Analisis Historis untuk Menentukan Anggaran Produksi

Dedi Darwis, Tika Yusiana

Abstract


CV Cahaya 79 Konveksi adalah usaha milik perorangan memproduksi pakaian sesuai dengan permintaan pelanggan. Sistem anggaran produksi yang terjadi saat ini adalah pada jumlah barang yang akan diproduksi oleh bagian produksi hanya sesuai dengan permintaan berdasarkan pesanan dari pelanggan, dan jika tidak ada permintaan pesanan maka bagian produksi menjahit seragam untuk persediaan didalam toko. Metode yang digunakan analisis data historis anggaran penjualan selama lima tahun terakhir, dan melakukan peramalaan untuk menentukan anggaran produksi di masa mendatang dengan menggunakan metode forecasting least square dan tujuanya adalah agar dapat menentukan berapa banyak jumlah produksi di masa mendatang yang harus di produksi, sehingga masalah yang terjadi pada Konveksi Cahaya 79 yaitu berupa terjadinya kekurangan ataupun kelebihan persediaan barang jadi di toko dapat teratasi dengan adanya peramalan anggaran produksi di masa mendatang. Berdasarkan hasil dari perhitungan forecasting anggaran produksi yang dilakukan secara manual dan perhitungan program, dapat ditentukan berapa jumlah anggaran produksi yang harus dibuat untuk persediaan barang jadi ditoko sesuai dengan jenis seragam dan setiap ukurannya.

Keywords


Data Historis; Anggaran Produksi; Forecasting; Least Square Method.

Full Text:

PDF

References


Adisaputro, Gunawan., dan Asri, Marwan. 2010. Anggaran Perusahaan, BPFE, Yogyakarta.

Adnyana, Made., 2015. “Forcast penjualan teggel abu-abu pada PT Tegel Abu surakarta”. Surakarta.

Alfatiyah, R., Mahyar., 2013. “Perencanaan produksi minyak telon jadwal donor ukuran 100ml dengan metode time series di PT Merpati Mahardika tanggerang”. Tanggerang.

Angelia, Vivian., 2015. “Penyusunan Anggaran Operasional Sebagai Alat Perencanaan dan Pengendalian pada Home Made Industri ”. Yogyakarta.

Cahyadi, Andi., 2005. “Analisis anggaran komprehensif pada perusahaan manufaktur di PT Texco”. Jakarta.

Citra., 2010. “Analisis perbandingan metode peramalan penjualan bahan bakar minyak dengan standar kesalahan peramalan pada PT PERTAMINA (PERSERO)”. Yogyakarta.

Husnayetti., 2013. “Anggaran Penjualan dan Pengendalian Tingkat Produksi ”. Jakarta.

Sutikno, Adelia., 2011. “Peranan anggaran produksi sebagai alat bantu managemen dalam menunjang efektifitas produksi pada PT Timbul Jaya pekalongan”. Pekalongan.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v6i2.771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.