Sistem Informasi Geografis Profil Kota Bandar Lampung Berbasis Android

Wiwin Susanty, Taqwan Thamrin, Yusinta Ria Disanda

Abstract


Minimnya informasi yang berkaitan dengan lokasi-lokasi umum yang ada di Bandar Lampung membuat wisatawan/masyarakat yang akan ke Bandar Lampung kesulitan menemui lokasi-lokasi yang akan dituju di Bandarlampung . Hal ini membuat beberapa pengembang untuk membuat aplikasi sistem informasi geografis yang dapat membantu menemukan lokasi yang di tuju. Sistem informasi geografis merupakan sistem komputer yang digunakan untuk mengumpulkan, mengggabungkan, mengatur, mentransformasi, memanipulasi dan menganalisis data-data geografis. Aplikasi Sistem informasi geografis ini dibangun dengan pemograman java Android menggunakan software ADT Bundle yang di dalamnya terdapat Eclipse sebagai editor bahasa pemograman java, ADT sebagai plugin untuk Eclipse, dan SDK untuk kepentingan development aplikasi berbasis Android.

Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa aplikasi penanda lokasi peta digital berbasis mobile GIS pada smartphone android. Pada aplikasi ini user dapat memilih daftar lokasi yang di inginkan, kemudian aplikasi akan memberikan informasi dari lokasi dan aplikasi ini juga dapat menunjukkan rute perjalanan dari posisi user berada ke tempat tujuan yang di pilih oleh user. 


Keywords


Sistem Informasi Geografis; Android; Peta Digital.

Full Text:

PDF

References


Hati, G. M., Suprayogi, A., & Sasmito, B. (2013). Aplikasi Penanda Lokasi Peta Digital Berbasis Mobile Gis Pada Smartphone Android. Jurnal Geodesi Undip, 1-15.

Irwansyah, E. (2013). Sistem Informasi geografis prinsip dasar dan pengembangan aplikasi. Yogyakarta: Digibooks.

Anwar, B., Jaya, H., & Kusuma, P. I. (2014). Implementasi Location Based Service Berbasis Android Untuk Mengetahui Posisi UseR. jurnal Ilmiah Saintikom Sain dan Komputer Vol 13, No.2, 1-13.

Sulaeman, Yesi Novaria, K, Megawaty. (2013). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Geografis untuk pemetaan objek pariwisata di sumatera selatan. Jurnal Bina Darma (2013).

Reto Meier, (2012). Professional Android 4 Application Development. Published John Wiley & Sons. ISBN-13: 978-1-118-23722-9.

Steiniger, S. (2005). Foundations of Location Based Services. Moritz Neun and Alistair Edwardes.

Sugiono, P. D. (2012). Metode Penelitian Kuantittatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v6i1.731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.