Model Kebijakan Prioritas dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Pdam Kab. Pringsewu Menggunakan Fuzzy Atribut Decission Making (FMADM) dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Dewi Lidia Purwani, Riki Renaldo, . Nungsiyati, Muhamad Muslihudin

Abstract


PDAM merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyediaan air bersih. PDAM dituntut untuk selalu meningkatkan kinerjanya dalam memberikan pelayanan penyediaan air bersih yang sebaik– baiknya  kepada  masyarakat,  disamping  mencari  keuntungan  untuk  membiayai  oprasional perusahaannya. Perlu adanya tindakan pembenahan dalam PDAM serta melakukan serangkaian usaha untuk meningkatkan mutu pelayanan terhadap pelanggan. Pemilihan alternatif sebagai tindakan pembenahan dalam PDAM membutuhkan suatu proses pengambilan keputusan. Sistem pendukung keputusan adalah suatu sistem yang berbasis komputer yang ditujukan untuk membantu pengambil keputusan dengan memanfaatkan data dan model tertentu untuk memecahkan berbagai persoalan yang tidak terstruktur. Berbagai macam metode dapat digunakan sebagai proses   pengambilan keputusan. Metode yang sering dipakai dalam proses pengambilan keputusan yaitu metode Fuzzy MADM yaitu Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif yang ada. Disini alternatif yang dimaksud adalah kebijakan dalam meningkatkan kinerja PDAM yang dinilai berdasarkan kriteria yang ditentukan. Ada 4 kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) Pelayanan, (2) Operasinal, (3) Keuangan, (4) SDM. Penelitian ini dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut. Kemudian dilakukan proses perangkingan yang menentukan alternatif optimal, yaitu meningkatkan kinerja PDAM. Sehingga didapat nilai terbesar ada pada V1  sehingga alternatif A1 adalah alternatif yang terpilih sebagai alternatif terbaik.

Keywords


Sistem pendukung keputusan; peningkatan kinerja PDAM; Fmadm;Saw.

Full Text:

PDF

References


Nisa Ayunda, Imam Nurhadi P. Jurnal Sistem Informasi : Penentuan Prioritas Kebijakan

Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Perusahaan

Daerah Air Minum Dengan Metode Fuzzy

Analytic Hierarchy Process (Studi Kasus di PDAM Kota Mojokerto), Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia.

Muslihudin, Muhamad. (2015). Sistem Pendukung Keptusan Penilaian Air Minum Yang Sehat Bagi Tubuhmenggunakan Fuzzy Multiple Atribut Decission Making (Fmadm) Dengan Metode Simple Additive Wighting (Saw). SNATKOM 2015 Volome 1. YPTK PADANG. PADANG.

Muslihudin, Muhamad & A.Wulan Arumita. (2016). Pembuatan Model Penilaian Proses Belajar Mengajar Perguruan Tinggi Menggunakan Fuzzy Simple Additive Weighting (Saw)(Sudi: Stmik Pringsewu). SEMNASTEKNOMEDIA. AMIKOM Yogyakarta.

Kusumadewi, Sri., Hartati., Harjoko, A., dan Wardoyo, R. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY FMADM). Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Rosario, A. L., (2013), Sistem Pendukung Keputusan Penanganan Gizi Buruk Pada Balita Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani. Pelita Informatika Budi Darma, Volume IV, Nomor: 2. Informatika.

Wulandari, Ahmad Mustofa, Ponidi, Muhamad Muslihudin, Firza Adi Firdiansah. 2016]. Decision Support System Pemetaan Lahan Pertanian Yang Berkualitas Untuk Meningkatkan Hasil Produksi Padi Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). SEMNASTEKNOMEDIA. AMIKOM Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v6i1.729

Article Metrics

Abstract view : 158 times
PDF - 156 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.