Pengembangan Electronic Commerce dalam Proses Meningkatkan UKM pada Dekranasda Kabupaten Pringsewu

Wiji Susanti Kasmi, Noca Yolanda Sari, Muhamad Muslihudin

Abstract


Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu bidang yang memberikan kontribusi yang signifikan dalam memacu pertumbuhan ekonomi . Hal ini dikarenakan daya serap UKM terhadap tenaga kerja yang sangat besar dan dekat dengan rakyat kecil. Oleh sebab itu Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Pringsewu berupaya mengoptimalkan hasil dari pengrajin pada pruduk hasil rumah tangga. Tetapi UKM masih menghadapi berbagai masalah antara lain masalah promosi, pemasaran dan penjualan penjaualan produk yang dihasilkan. Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, maka itu untuk pemasaran dan penjualan produk-produk melalui dunia maya yang sering disebut E-commerce. Pengembangan Sistem e-commerce dikembangkan menggunakan model waterfall dengan melalui tahapan Analsis, desain, coding, implementasi dan pemeliharaan sistem. Dengan terbentuknya e-commerce pada dekranasda kabupaten pringsewu akan menghasilkan penjualan dan pemasaran produk melalui internet mempunyai banyak keuntungan, yaitu cakupan yang luas, tidak mengenal ruang dan waktu, dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja sehingga dapat meningkatkan hasil penjualan hadil kerajinan UKM di wilayah Kabupaten Pringsewu.


Keywords


E-Commerce; UKM; Dekranasda.

Full Text:

PDF

References


Denni Ardyanto, Heru Susilo, Riyadi. Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputuan Pembelian Online. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol 22 No. 1 Mei 2015.

Fitri Wiyani, Nugroho Agung Prabowo.Peningkatan Daya Saing Bisnis “Batik Kahuripan” Melalui Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan Computer FTI UNSA 2013, Vol 2 No. 1- Maret 2013 ISSN : 2302 – 1136 - Serunniid.unsa.ac.id.

Keputusan Menteri Keuangan No. 316/KMK 016/1994. Tanggal 27 Juni 1994.

Kriteria UKM Menurut UU No. 9 Tahun 1995.

Rahmad Syah, Muhd. Iqbal, Marischa Elveny. Pembuatan Aplikasi E-Commerrce Dalam Menunjang Penjualan Produk Pada Cv. Rizech. Techsi Vol 4. Nomor 12014. Jurnal Penelitian Teknik Informatika

Ridwan Suhud Dan M. Yudhi Rezaldi. Pengembangan Sistem E-Commerce Paguyuban Usaha Kecil Dan Menengah Karya Mandiri Di Tegal / E-Commerce System Development Of Society Of Small And Medium Enterprises Karya Mandiri In Tegal. Widyariset, Volume 17, Nomor 1, April 2014 49-58.

Surat Keputusan 2 Mentri, Mentri Perindustrian dan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan nomor : 85/M/SK/3/1980.

UU UKM No. 20 Tahun 2008.

Wiliam Jonathan Dan Sri Lestari. Sistem Informasi Ukm Berbasis Website Pada Desa Sumber Jaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 01, No. 1 Februari 2015.

Muslihudin, muhamad. (2013). Sistem informasi penjualan batik basurek berbasis web pada basurek collection Bengkulu. Jurnal TAM 2013. Vol.1 No.1 Hal 59-52. STMIK Pringsewu.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v5i2.722

Article Metrics

Abstract view : 610 times
PDF - 579 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.