Perangkat Lunak Pendukung Untuk Meningkatkan Efektifitas Kualitas Sistem Pada Perangkat Lunak Program SPP

Dina Ika Wahyuningsih, Taqwan Thamrin

Abstract


Universitas Bandar Lampung (UBL) merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi di Bandar Lampung yang menerapkan teknologi informasi untuk mempermudah berbagai pekerjaan manajemennya. Salah satu pekerjaan yang dilakukan adalah mengelola keuangan terutama penerimaan dana dari biaya kuliah yang dibayarkan oleh mahasiswa. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola pekerjaan tersebut dibuat oleh Pusat Komputer UBL dan dipergunakan oleh Biro Administrasi Keuangan (BAK) dan diberi nama “Program SPP”. Tujuan dari penelitian ini yaitu Membangun sebuah perangkat lunak penunjang untuk peningkatan efektifitas unsur kualitas sistem (system quality) pada perangkat lunak “Program SPP” dan Mengukur tingkat efektifitas perangkat lunak “Program SPP” khususnya unsur kualitas sistem (system quality). Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi manajemen UBL khususnya Biro Administrasi Keuangan (BAK) dalam penggunaan perangkat lunak “Program SPP” dan perangkat lunak pendukung “Daftar Pembayaran per Mahasiswa” dalam operasionalnya terutama dalam pekerjaan mengelola keuangan yang diperoleh dari penerimaan dana dari biaya kuliah yang dibayarkan oleh mahasiswa.

Keywords


perangkat lunak penunjang untuk peningkatan efektifitas.

Full Text:

PDF

References


Penerbit Andi, 2003, h.10-13 ,Abdul Kadir, Pengenalan Sistem Informasi,

Endah Widowati, Didi Achjari, Pengukuran Konsep Efektivitas Sistem Informasi: Penelitian pendahuluan, 2004, Seminar Nassional Aplikasi Teknologi Informasi, Universitas Gadjah Mada.

John A. Martilla and John C. James, Importance-performance analysis, Journal of Marketing (pre-1986); Jan 1977; 41; 000001; ABI/INFORM Research pg.77

Rudy Setiawan, ST., MT, Jurnal Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Kereta Api Komuter Surabaya – Sidoarjo, 2005, Simposium VIII FSTPT, Universitas Sriwiajaya.

William H. Delone and Ephraim R. Mclean; The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update Journal of Management Information Systems / Spring 2003, Vol. 19, No. 4, pp.9–30.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v3i1.479

Article Metrics

Abstract view : 96 times
PDF - 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.