Sistem Informasi Korespondensi Rekam Medis di Rumah Sakit Menggunakan Microsoft Visual Studio

Rismaya Widia, Vini Novianti, Yuda Syahidin, Meira Hidayati

Abstract


Technological developments in communication systems are still used by humans. From traditional methods to using modern methods in accordance with current technological developments. One way to communicate using traditional methods that are still used today is by using letters. Medical record correspondence is an activity of correspondence related to patient medical record information in this case at the hospital, namely making letters to be treated, letters to request diagnosis, letters to carry out treatment, letters to finish treatment, and letters to death. Making letters, still manually using Microsoft Word. The process of making a certificate takes 1-2 days, so it is necessary to have an information system that can speed up the making of a certificate to be more efficient and effective. The design method uses the SDLC method. The stages of the method are planning (planning), analysis (analysis), design (design), implementation (implementation), and system maintenance (maintenance), the correspondence information system that has been created can be concluded that the system can facilitate officers in making certificates and can also speed up the creation of letters.

Abstrak - Perkembangan teknologi pada sistem komunikasi yang masih terpakai oleh manusia. Dari metode yang tradisional hingga menggunakan metode yang modern yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Salah satunya dengan cara berkomunikasi menggunakan metode tradisional yang masih dipakai pada saat ini adalah dengan menggunakan surat. Korespondensi rekam medis adalah suatu kegiatan dari surat menyurat yang berhubungan dengan informasi rekam medis pasien dalam hal ini di Rumah Sakit yaitu pembuatan surat untuk dirawat, surat untuk meminta diagnosa, surat untuk menjalankan pengobatan, surat untuk selesai pengobatan, dan surat untuk kematian. Pembuatan surat, masih secara manual dengan menggunakan Microsoft Word. Proses pembuatan surat keterangan memakan waktu 1-2 hari, sehingga diperlukan adanya sistem informasi yang dapat mempercepat pembuatan surat keterangan agar lebih efisien dan efektif. Metode perancangan menggunakan metode SDLC. Tahapan metode adalah perencanaan (planning), analisis (analysis), perancangan (design), implementasi (implementation), dan pemeliharaan sistem (maintenance), sistem informasi korespondensi yang telah dibuat ini dapat disimpulkan bahwa sistem tersebut dapat memudahkan petugas dalam pembuatan surat keterangan dan juga dapat mempercepat dalam pembuatan surat.


Keywords


Information System; Correspondence; Medical Record; Hospital; Sistem Informasi; Korespondensi; Rekam Medis; Rumah Sakit

Full Text:

PDF

References


Republik Indonesia, “UU RI nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit,” Jakarta, 2009, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Depkes RI, “Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia.,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, 2010.

E. Suharto, Pengantar Teknologi Informasi, 1st ed. Yogyakarta: penerbit ANDI, 2012.

Zakky, “Pengertian Observasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum [Lengkap],” www.zonareferensi. com, pp. 1–14, 2020, [Online]. Available: https://www.zonareferensi.com/pengertian- observasi/.

M. Ilham, “Pengertian Wawancara Menurut Para Ahli,” 22 Mei, 2019.

J. Juhji, “Kepemimpinan: Sebuah Kajian Literatur,” At-Tarbiyat J. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 2, pp. 172– 186, 2020.

Rosa and M. Shalahuddin, “Pengertian SDLC dan penerapannya,” in Rekayasa perangkat lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, 2015.

H. Jatnika, Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer, 1st ed. Yogyakarta: penerbit ANDI, 2013.

H. Jatnika, Pengantar Sistem Basis Data Memahami Konsep Dasar & Tuntunan Praktis Perancangan Database, 1st ed. Yogyakarta: penerbit ANDI, 2013.

S. K. Tata Sutabri, “Sistem Informasi Manajemen (edisi revisi),” CV. Andi Offset, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/expert.v11i1.2013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.