PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BIBIT CABAI MERAH UNGGUL

Usep Saprudin

Abstract


Cabai Merah di Indonesia adalah salah satu komoditas hortikultura yang banyak dibudidayakan oleh petani, karena selain memiliki beberapa manfaat kesehatan cabai merah juga mempunyai harga jual yang tinggi. Banyaknya jenis Cabai Merah terkadang membuat para petani bingung untuk memilih bibit yang cocok dan sesuai untuk tanahnya terutama petani yang belum berpengalaman. Terlebih lagi virus dan bakteri Cabai Merah yang beranekaragam menjadi salah satu kebimbangan para petani untuk memilih bibit yang sesuai dan tidak mengalami kerugian saat panen. Dalam sistem pendukung keputusan ini, digunakan penggabungan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW) untuk menentukan alternatif terbaik dari bibit cabai merah yang akan dipilih. Empat kriteria dasar yang digunakan yakni rekomendasi dataran, ketahanan penyakit, umur panen dan potensi panen. Metode AHP digunakan untuk menghitung bobot dari setiap kriteria yang kemudian di hitung menggunakan metode SAW untuk menghasilkan alternatif terbaik. Sistem Pendukung Keputusan ini diharapkan mampu memberikan bantuan dan rekomendasi alternatif terbaik kepada petani dalam memilih bibit cabai merah unggul yang sesuai dengan kebutuhan.    


Keywords


Bibit cabai merah, Sistem Pendukung Keputusan, AHP dan SAW

Full Text:

PDF

References


Cholissodin, R. A. (2018). Implementasi Metode Analytic Hierarchy Process – Weighted Product Untuk Rekomendasi Hunian Ideal ( Studi Kasus : Kota Malang ). J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya.

D. Walangare, R. D. (2012). Sistem Prediksi Pertandingan Sepak Bola dengan Metode AHO. Informatika.

Fitriyani, M. R. (2017). Sistem Pendukung Keputusan untuk Kenaikan Jabatan Aparatur Negara Sipil Stuktural pada Badan Kabupaten Lampung Tengan dengan Metode SAW.

Frieyadie. (2016). Dalam Sistem Pendukung Keputusan Promosi.

Munthafa, H. M. (2017). Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi. J. Siliwangi.

N. N. Satriani, I. C. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Calon Penerima Beasiswa BBP- PPA Menggunakan Metode AHP-PROMETHEE I Studi Kasus : FILKOM Universitas Brawijaya. J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawija.

P. Diah, S. D. (2018). Penerapan Metode AHP dan SAW untuk Penentuan Kenaikan Jabatan Karyawan. JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi).

Prajnanta, F. (2001). Agribisnis Cabai Hibrida. Jakarta: Penebar Swadaya.

Situmorang, H. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Peserta Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten Langkat Pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tanjung Pura Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). J. TIMES.

Tjahjadi, N. (1991). Bertanam Cabai. Yogyakarta: Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v9i2.1312

Article Metrics

Abstract view : 94 times
PDF - 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.