SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA AYAM BROILER DENGAN METODE FORWARD CHAINING

Fenty Ariani, Marpitalia Marpitalia, Erlangga Erlangga, Yulfriwini Yulfriwini

Abstract


Bertenak bibit ayam broiler bukanlah hal yang mudah, banyak faktor yang harus di perhatikan. Sedari awal memulai beternak segala sesuatunya harus diatur sedemikian rupa agar berjalan maksimal dan produktif. Mulai dari perkandangan, mengurus pakan, juga memperhatikan kesehatan hewan ternak. Apalagi banyak wabah penyakit yang dapat mucul dari berbagai aspek, seperti cuaca yang tidak stabil, lingkungan yang kotor, atau pakan yang kurang sesuai takarannya. Penyakit dapat dengan mudah menyerang hewan ternak melalui berbagai bakteri yang terkandung pada udara maupun makanan. Melihat dari faktor-faktor diatas, penulis ingin menciptakan suatu alat pengukur suhu tubuh ayam yang di lengkapi dengan sistem pendeteksi penyakit berdasarkan gejala-gejala yang ditunjukan oleh ayam. Penyakit akan lebih mudah di basmi jika kita dapat mengetahui diagnosa diawal-awal terjangkit. Seperti pada masa awal masuknya bibit ayam broiler kedalam kandang akan sangat rentan bagi bibit ayam terserang penyakit jika tidak diperhatikan secara benar.Pada penelitian ini, peneliti akan membuat alat pengkur suhu tubuh untuk mengukur suhu tubuh ayam broiler. Menggunakan sensor dan mikrokontroler dan membangun sistem aplikasi android untuk melengkapi proses diagnosa penyakit.

Keywords


Arduino, MLX90614SF, Android, Sistem Pakar

Full Text:

PDF

References


. Hardjodisastro, D. (2006). Menuju Seni Ilmu Kedokteran : Bagaimana Dokter Berpikir, Bekerja Dan Menampilkan Diri. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

. Jubilee. (2015). Mengenal Dasar-Dasar Pemrograman Android Edisi 1 Cetakan 1 Halaman 1. Jakarta: Elex Media Komputindo.

. Lestari. (2017). Sistem Pakar Penentuan Jenis Penyakit Pada Ayam Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Android. Journal Of Information And Technology Vol.04 No.01. Penerbit ( STIKI : Malang), 19-20.

. Mohamad Hadi, D. (2017). Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ayam Dengan Metode Forward Chaining. Jurnal Of Informatika Merdeka Pasuruan Vol.2 No. 1. Penerbit (Departemen Universitas Merdeka Pasuruan : Pasuruan), 111-139.

. Sakti, S. P. (2017). Pengantar Teknologi Sensor : Prinsip Dasar Sensor Besaran Mekanik. Malang: UB Press.

. Samsudins, L. R. (2016). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ayam Berbasisi Web Menggunakan Metode Forward Chaining Dan Backward Chaining. Jurnal SISTEMASI Vol. 5 No.3. Penerbit (UNISI : Riau), 29-35.

. Sandjaja Andry, D. (2016). Sistem Pakar Deteksi Penyakit Ayam Dengan Media Interkatif. Seminar Nasional Teknologi Dan Komunikasi (SENTIKA) Yogyakarta 18-19 Maret. Diterbitkan (Universitas Kristen Marantha : Bandung), 305-315.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v9i1.1227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.