PEMILIHAN CAFE TERBAIK MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS ( AHP)

Sri Ipnuwati, Khusnul Khotimah, Keni Puspita Sari

Abstract


Bisnis Cafe di tanah Air terus tumbuh pesat sehingga patut diperhitungkan sebagai salah satu bisnis yang menguntungkan di era modern ini. Pemilihan Cafe terbaik dibutuhkan beberapa kriteria yang cocok dengan selera konsumen. Salah satu cafe yang diharapkan oleh konsumen adalah Cafe yang dapat dinikmati oleh semua kalangan usia mulai dari orang tua, dewasa, remaja bahkan anak-anak sekalipun, sehingga masyarakat yang ingin pergi ke Cafe bersama keluarga bisa saling mendapatkan kenyamanan dalam satu tempat yang sama.  Penelitian ini mengembangkan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan memanfaatkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) sebagai proses dalam pemilihan Cafe terbaik. Untuk menentukan Cafe terbaik, cafe harus memenuhi kriteria-kriteria yang telah ditentukan, yaitu rasa, harga, suasana, pelayanan, fasilitas dan kebersihan. Peneliti melakukan wawancara kepada para pengunjung Cafe, melakukan pengamatan secara langsung di Cafe yang diteliti dan memanfaatkan teori yang ada yang menyangkut ilmu-ilmu sistem informasi dan teknologi informasi. Dari hasil pengujian tersebut rengking dan bobot dari Cafe 3 atau P3 mendapatkan nilai tertinggi yaitu 0,31 bobot kategori penilaian dengan nilai bobot yang sudah ditentukan.

Keywords


SPK, Analytical Hierarchy Process (AHP), Cafe.

Full Text:

PDF

References


. Kusriani. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2014.

. Lenterakecil. apakah kafe itu. https://lenterakecil.com/apakah-kafe-itu/, t.thn.

. Mardiati, Karlina Sri, Oktafianto. “Sistem Pendukung Keputusan (DSS) Penerima Bantuan Rumah Tak Layak Huni (RTLH) Pada Kecamatan Ambarawa Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Proses (AHP).” TAM v=Vol.5 No.1, 2017.

. Meri Anggraini, Suyono. “Sistem Penunjang Keputusan Menentukan Keluarga Miskin Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus Pekon Waymanak Kabupaten Tanggamus).” TAM Vol.5 No.1 STMIK PRINGSEWU, 2017.

. Rais, Mhd Sandi. “Sistem Penunjang Keputusan untuk Pemilihan Lokasi Perumahan Menggunakan Analytic Hierarchy Proses.” Jurnal Of Computer Science Riau Vol.2 No.2, 2016: 59-72.

. Saragih, Sylvia Hartati. “Penerapan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop.” Pelita Budi Darma vol.4 no.2, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v8i1.1049

Article Metrics

Abstract view : 359 times
PDF - 272 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.