DECISION SUPPORT SYSTEMMENGGUNAKAN METODE SAW DALAM MENENTUKAN KINERJA APARATUR PEMERINTAH KECAMATAN

M. Islam Mahdi, Rinawati Rinawati, Tri Susilowati, Zul Kirom

Abstract


Pelayanan kepada masyarakat dalam beberapa tahun terakhir banyak menyita perhatian berbagaipihak, yangmenyorotimasihlemahnya kinerjapelayanan yangdiberikan aparaturkecamatan.Pelayanan yang baik tidak lepas dengan kinerja aparatur yang baik, begitupula sebaliknya. Hal ini perlu adanya suatu sistem yang dapat membantu Aparatur pemerintah Daerah Kabupaten  untukmenentukan kinerja aparatur kecamatan agar dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Penelitian ini dilakukan pada kantor kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Tanggamus. Saat ini kinerja aparatur Kecamatan masih sangat kurang hal ini disebabkan beberapa masalah seperti kedisiplinan, pendidikan, tanggung jawab, loyalitas dan fasilitas yang kurang memadai.Sehingga perlu adanya sistem penilaian kinerja aparatur kecamatan untuk menumbuhkan rasa semangat dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.Dengan adanya sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode SAW dapat dengan lebih mudah dalam menentukan pegawai aparatur kecamatan terbaik yang ada di Kabupaten Tanggamus.Dengan metode ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan memudahkan dalam penilaian kinerja aparatur kecamatan.


Keywords


kinerja, aparatur Kecamatan, SAW

Full Text:

PDF

References


Aniwati. (2014). Evaluasi Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Kabupaten Kutai Timur. eJournal llmu Administrasi Negara, 1852-1865.

Farasmi, N. (2012). Analisis Kenirja Aparatur Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju. Pasca Unhas, 1.

Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi Offset.

Kusumadewi. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.

SINSU, R. R. (2013). Implementasi Peraturan Pemerintah Daerah Sangihe No.3 Tahun 2007 Tentang Pemilihan Kapitalaung di Desa Enemawira Kecamatan Tabukan utara. Governance, Vol 5, No 1.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Adminitrasi. Bandung: ALFABETA.

Susilowati, T. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Pada SMA N 1 Sukoharjo Menggunakan Metode Saw (Simple Additive Weighting). Proseding KMSI, Vol 5, issue 1.

Susilowati, T. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaam Calon Siswa Baru Pada Sma Muhamadiyah 1 Pringsewu Dengan Metode SAW. TAM (Technology Acceptance Model), 12-21.

Turban, E. (2005). Decision Support Systems and Intelligent Systems Bahasa Indonesia Jilid 1 Edisi. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v8i1.1048

Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF - 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.