KARAKTERISTIK STRUKTUR ORGANISASI, DAN PERILAKU KERJA PEGAWAI SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN (STUDI PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN KONAWE, SULAWESI TENGGARA)

Jamal Bake

Abstract


ABSTRAK

 

Kualitas pelayanan public menjadi isu menarik terutama dalam dunia akademik, karena kehadiran pegawai negeri, idealnya memberikan kontribusi bagi peningkatan kepuasan masyarakat atas pelayanan dari organisasi pemerintah.Penataan organisasi yang baik dan perilaku kerja menjadi determinan dari kualitas pelayanan.

Permasalahannya: 1) apakah karakteristik struktur organisasi dan perilaku kerja pegawai berpengaruh signifkan terhadap  kualitas pelayanan: 2) Apakah Karakteristik struktur organisasi berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pegawai;3) Apakah perilaku kerja berpengaruh signifikan terhadap  kualitas pelayanan pegawai. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, melibatkan 31 orang responden, menggunakan sampel jenuh, dan analisis menggunakan bantuan SPSS versi 19, menguji pengaruhkarakteristik struktur organisasi dan perilaku kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan

Kesimpulannya: 1)  Karakteristik struktur organisasi dan perilaku kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap kualitas pelayanan pegawai Badan Kepegawaian Daerah  Kabupaten Kolaka.   Keduanya menunjukkan korelasi sangat erat, dan positif artinya semakin tinggi kesesuaian struktur organisasi, dan perilaku kerja yang positif, maka semakin tinggi pula kualitas pelayanan; Pengaruh kedua variabel sangat dominan terhadap kualitas pelayanan pegawai, dan yang paling dominan kontribusinya perilaku kerja pegawai; 2) Secara parsial, karakteristik struktur organisasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap kualitas pelayanan. Artinya karakteristik struktur organisasi yang sesuai kebutuhan, kejelasan tanggungjawab, mekanisme kerja internal, kejelasan standar operasional dan prosedur kerja, jaringan kerjasama, pelaksanaan kordinasi, sinergitas program, dan formaliistik dapat meningkatkan kualitas pelayanan pegawai; Semakin sesuai karakteristik struktur organisasi, semakin tinggi pula kualitas pelayanan pegawai; 3) Perilaku kerja pegawai yakni keperdulian, tidak (apatis), tidak menolak urusan, kehangatan menyapa,  tidak memandang rendah orang lain, kerja secara fleksibel tidak, bekerja mekanis sesuai petunjuk, memberikan pengaruh signifikan dan pengaruh positif terhadap kualitas pelayanan pegawai. Semakin positif perilaku kerja pegawai memberikan pelayanan maka semakin tinggi pula kualitas pelayanan.Untuk meningkatkan kualitas pelayanan maka karakteristik struktur organisasi dan perialaku kerja perlu ditingkat kearah positif sehingga kualitas pelayanan juga akan semakin baik.

Kata kunci: karakteristik organisasi, perilaku kerja dan lualitas pelayanan


Full Text:

PDF

References


Abdul Azis Wahab (2008) Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan.Bandung: Alfabeta,

Abdul Kadir, 2005, ”Pengaruh Keadilan Organisasi dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Gaji, Komitmen Organisasi dan Kualitas pelayanan”, Jurnal Keuangan dan Perbankan, Surabaya.

Ali, Muhamad, 2005, “Analisis Pengaruh Variabel Kepemimpinan terhadap Kualitas pelayanan Pegawai Koperasi Unit Desa (KUD) di Kabupaten Sorong”, Jurnal Keuangan dan Perbankan, Th. IX, No, 2, Surabaya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Edisi Revisi 2010 Jakarta: Remika Cipta

Armanu Thoyib , 2005, ”Hubungan Kepemimpinan, Budaya, Strategi, dan Kualitas pelayanan: Pendekatan Konsep,” Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 7, No. 1, Maret 2005, h. 60- 73 Bass, B.M dan Avolio, 1990, “The Implications of Transaksional and Transformational”, Team and Organization Development, 4, p.231273

Azhari.2011. Mereformasi Birokrasi Publik Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Burton, James P; Lee, Thomas W; Holtom, Brooks C, 2002, “The Influence of Motivation to Attend, Ability to Atend, and Organizational Commitment on Different Types of Absence Behaviours,” Journal of Managerial Issues , Summer, 2002, p:181-197

BPKP, 2000, Pengukuran Kualitas pelayanan, Suatu Tinjauan pada Instansi Pemerintah, Tim Study Pengembangan Sistem Akuntabilitas Kualitas pelayanan Instansi Pemerintah, Jakarta.

Chen, Li Yueh, 2004, “Examining The Effect Of Organization Culture And Leadership Behaviors On Organizational Commitment, Job Satisfaction, Adan Job Performance At Small And Middle-Sized Firma Of Taiwan,” Journal of American Academy of Business, Sep 2004, 5, 1/2, 432-438.

Edduar Hendri, 2012. Pengaruh KepemimpinanFisik Dan Non Fisik Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt Asuransi Wahana Tata Cabang Palembang Edduar Hendri *) Dosen Tetap Fe Univ-Pgri Plg Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9, No.3, Oktober 2012 : 1 -16 2

Ferdinand, Augusty, 2006, Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gibson, Ivancevich, Donnelly, 2002. Organisasi; Perilaku, Strukutr dan Proses, Jilid I dan II, Edisi Bahawasa Indonesia. Cetakan Ke 8. Bina Putera Aksara, Jakarta.

Handoko, Hani, 2001, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.

Indrawijaya, Adam I. 2000. Perilaku Organisasi. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Kausar.AS.2009. Sistem Birokrasi Pemerintahan di Daerah dalam Bayang-Bayang Budaya Patron-Klien. Bandung: PT. Alumni.

Indriantoro, Nur & Supomo, Bambang, 2002, Metodologi Penelitiaan Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen , Edisi 1, BPFE, Yogyakarta.

Judge dan Bono, 2000, “Five-Factor Model of Personality and Transformational Leadership”, Journal of Applied Psychology, 85 (5): 751- 765.

Kabul, Imam, 2005, “Kepemimpinan Partisipasif dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Anggota Organisasi”, Jurnal Keuangan dan Perbankan, Th. IX, No 2, Surabaya.

Kreitner, Robert; dan Kinicki, Angelo, 2005 ,”Perilaku Organisasi”, Buku 1, Edisi Kelima, Salemba Empat, Jakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan/instansi/lembaga , PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Masrukin dan Waridin, 2006, Analisis Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Budaya Organisasi dan Kepemimpinan terhadap Kualitas pelayanan Karyawan pada Kantor Pengelolaan Pasar Daerah di Kabupaten Demak, Ekobis. Semarang

Marzuki, Sukarno, 2002, Analisis Pengaruh Perilaku Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja dan Kualitas pelayanan Account Officer : Studi Empirik pada Kantor Cab BRI di Wilayah Jawa Timur, Tesis, Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Diponegoro (tidak dipublikasikan)

Maryani, Dwi dan Supomo Bambang. (2001). Studi Empiris Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kualitas pelayanan Individual.Yogyakarta : Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 3,No. 1, April

Mas’ud, Fuad, 2004, Survai Diagnosis Organisasional Konsep dan Aplikasi, Badan Penerbit ,BP-UNDIP, Semarang. Mamduh, H., 1997, Manajemen, UPP AMP YKPN, Yogyakarta

Menon, Maria E, 2002, “Perceptions of Pre-Service and In-Service Teachers Regarding the Effectiveness of Elementary School Leadership in Cyprus”, The International Journal of Educational Management, 16 February, p.91-97.

Mohrman, S. A. Designing Team-Based Organizations, San Fransisco: Jossey Bass, 1995, hal. 36-49.

Muthalib, Abdul. 2005. Pengaruh Kebijakan Karakteristik Struktur Organisasi Perangkat Daerah Terhadap kualitas pelayanan Aparatur di Sekretariat Daerah Kabupaten Halmahera Tengah.Tesis tidak diterbitkan. Jatinangor: Program Pascasarjana IIP Jatinangor.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nawawi, Ismail H.2013. Budaya Organisasi Kepemimpinan dan Kualitas pelayanan (Proses terbentuk, tumbuh kembang, dinamika, dan kualitas pelayanan organisasi). Jakarta. Kencana.

Nurhaeni, A. 2001.Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kualitas pelayanan Perawat dalam Penerapan Proses keperawatan. Tesis Magister (tidak diterbitkan). Jakarta : Universitas Indonesia.

Ostroff, C., 1992, “The Relationship Between Satisfaction Attitudes and Performance an Organization Level Analysis”, Journal of Applied Psychology .Vol.77. No. 68. p. 933-974

Ogbonna, Emmanuel and Harris, Lloyd C, 2000, ”Leadership Style, Organizational Culture and Performance: Empirical Evidence From UK Companies, ” International Journal of Human Resource Management 11:4 August, h. 766-788

Peraturan Pemerintah Repuplik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Organisasi Perangkat Daerah.

Panggabean, Mutiara S, 2001, ”Perbedaan Komitmen Organisasional Berdasarkan Karakteristik Individu”, Media Riset Bisnis dan Manajemen, Vol 1, No 2, 2001. Yogyakarta.

Parasuraman, A., V. A. Zeithaml, and L.L. Berry, 1998, SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality, Journal of Retailing, Vol. 64, No. 1.

Perryer, Chris and Jordan, Catherine, 2005, ”The Influence of Leader Behaviors on Organizational Commitment: A Study In The Australian Publik Sector, ” International Journal of Publik Administration, 28:379-396

Petty. Mcgee, Gail. Cavender, Jerry, 1984, “A Meta-Analysis of the Relationships Between Individual Job Satisfaction and Individual Performance”, Academy of Management, Vol. 9, No. 4, p. 712 Quey dan Yeh, 1996, “The Link Between Managerial Style and the Job Characteristics of R&D Professional”, R & D Management, 26(1) : 127-140.

Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta. Raja Gafindo Persada

Riduwan dan Akdon, 2010.Rumus dan data dalam Analisis Statistika untuk penelitian (AdministrasiPendidikan-Bisnis-Pemerintahan-Sosial-Kebijakan-Ekonom -Hukum-Manajemen-Kesehatan), Bandung.Alfabeta.

Rifai, Achmad. 2006. Analisis factor-faktor yang mempengaruhi Efektivitas Organisasi pada Badan Kesatuan Bangsa dan perlindungan masyarakat Provinsi Jawa Tengah. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Robbins, Stephen P.; Judge, Timothy A. (2008). Perilaku Organisasi Buku 2, Jakarta: Salemba Empat. Hal. 214-224. Edisi kesepuluh, PT Indeks Jakarta.

Santoso, Singgih.2001. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo Gramedia

Sainul, 2002, Komitmen dan Pengaruhnya terhadap Kualitas pelayanan Aparatur pada Sekretariat Daerah Kabupaten Kendari, Tesis, Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Gajah Mada (tidak dipublikasikan)

Scarnati, James T, 2002, “Leader as Role Models: 12 Rules”, Career Development International , 7 Maret, p.181-189 Siagian, S.P., 1999, Tehnik Menumbuhkan dan Memelihara Perilaku Organisasional, Haji Mas Agung , Jakarta.

Setiawan, R. (2016). Peranan Etika Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung. Jurnal e-JKPP. Vol. 2 (2).

Siagian, Sondang P. 2004. Manajemen Abad 21. Jakarta: Bumi Aksara S.P Hasibuan. Malayu. 2007. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi aksara.

Sovyia Desianty, 2005, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Direktif Terhadap Komitmen Organisasi Pada PT Pos Indonesia (PERSERO) Semarang”. Jurnal Studi Manajemen &Organisasi .Vol 2. No. 1, Januari, h. 69-84.

Stoner, James A.F; Freeman, R. Edward; Gilbert JR, Daniel.R, 1996, Manajemen, Jilid I, PT Bhuana Ilmu Populer.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Suhana, 2007, “Relationship Analysis of Leadership Style, HRM Practices, Organizational Culture, Commitment and Performance (Study in People Crediting Bank (BPR) in Central Java),” Usahawan No. 10, TH XXXVI, Oktober 2007, h. 47- 53

Sulaiman, Abubakar M.T, 2002 ”Is It Really A Mediating Construct? The Mediating Role Of Organizational Commitment In Work ClimatePerformance Relationship,” Journal of Management Development, Vol.21 , No. 3, Maret 2002, h. 170-183

Sutrisno, Edi. 2010. Budaya Organisasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syafar, Abdul Wahid, 2000. Dimensi Budaya Kerja dan Implikasinya Terhadap Gaya Kepemimpinan DirektifKasus Indonesia, Jurnal Siasat Bisnis no. 4, vol 2. Tadjudin, 1997/1995, “Menciptakan SDM Bermutu”, Usahawan, No.1, tahun XXVI, Januari

Thoha, Miftah. 2000. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada.

Tjiharjadi, Semuil dkk. 2012. “To be a Great Effective Leader”. Yogyakarta.CV Andi Offset.

Robbins, Stephen P.; Judge, Timothy A. (2008). Perilaku Organisasi Buku 2, Jakarta: Salemba Empat. Hal. 214-224




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/ejkpp.v3i3.973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.