Sosialisasi E-Voting Pada Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Pringsewu

Hariz Arifai, Darra Ananda, Nanang Trenggono, Andy Corry Wardhani

Abstract

Kabupaten Pringsewu berhasil melaksanakan pemilihan kepala pekon secara E-Voting di 19 pekon dengan sukses dan tanpa sengketa hasil. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui bagaimana kegiatan sosialisasi E-Voting dengan kekurangan dan kelebihan serta mengidentifikasi bagaimana pola penyampaian pesan yang terbentuk dalam sosialisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan kerangka teoretis difusi inovasi, dengan hasil yang mengungkapkan tahapan, proses, saluran komunikasi, dan peran dimensi waktu dalam sosialisasi E-Voting. Penelitian ini menggambarkan proses sosialisasi E-Voting pada pemilihan kepala pekon di Kabupaten Pringsewu, melibatkan tahapan persiapan awal, komunikasi intensif, dan adaptasi masyarakat. Tahap awal mencakup strategi sosialisasi menggunakan video tutorial untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap inovasi E- Voting sebagai langkah menuju efisiensi dalam pemilihan kepala pekon. Proses sosialisasi didukung oleh tokoh-tokoh masyarakat, termasuk tokoh agama, pengurus masjid, dan pemerintahan desa, memastikan penerimaan inovasi tanpa melanggar nilai-nilai sosial dan budaya. Saluran komunikasi melibatkan media resmi pemerintah dan sosial, serta pertemuan langsung di tempat-tempat strategis seperti masjid dan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dimensi waktu memainkan peran penting, dengan persiapan inovasi dimulai sejak 2019 dan sosialisasi teknis intensif setelah regulasi diterbitkan pada tahun 2022. Analisis juga mengidentifikasi hambatan-hambatan, termasuk kurangnya keterampilan SDM, keterbatasan waktu, masalah EKTP, dan kesulitan orang lanjut usia. Kesimpulannya, kesuksesan implementasi inovasi bergantung pada kesiapan SDM, manajemen waktu, pemeliharaan teknis, dan pendekatan khusus terhadap kelompok masyarakat tertentu.

Kata kunci: Pola Komunikasi, Sosialisasi E-Voting

Keywords

Pola Komunikasi; Sosialisasi E-Voting

Full Text:

PDF

References

Adistyananingsih.DP dan Wisnumurti.A, 2019. Strategi Komunikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Meningkatkan Partisipasi Politik dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Gianya, SINTESA: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 10 (2): 60–64

Ardial, 2018. Komunikasi Studi Kasus Tentang Fungsi Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Peawai, Medan: lembang dan penulisan ilmiah aqli, 4.

Bungin, 2007. Penelitian Kualitatif, Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Britha Mikkelsen, 2011. Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya Pemberdayaan. Publisher, Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Changara, H. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Cetakan Kedua. PT Raja Grafindo Persada

———. 2013. Perencanaan dan strategi komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Grafindo Persada. Jakarta

Crab dan Lan, 1992. Teori-teori Sosial Modern, Jakarta: CV Rajawali, hlm.68.

Darmawan dkk, 2016. Kinerja Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Dalam Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Melalui Metode Electronic Voting (E-Voting) Di Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan, Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, Volume VI No.1, Hlm.67-84

Effendy, O, 1986. Dimensi Dimensi Komunikasi, Bandung : Alumni

———. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, 11-14.

Elvinaro Ardianto, 2014. Handbook of Public Relations: Pengantar Komprehensif Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2014

H.A.W.Widjaja. 2002. Otonomi Daerah Dan Daerah Otonomi. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Hermawan. A, 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama

Juliman, 2017. Implementasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Menggunakan Metode Elektronik Voting (E-Voting) Di Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan, Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik, Volume 6 No. 3

Kriyantono.R, 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Morissan,MA. (2008). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Prenada Media Group.

Mulyana, D. 2000. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung. PT Remaja Rosda Karya

———. 2004. Komunikasi Efektif Suatu Pendekatan Lintas Budaya, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 3.

Nurudin. 2008. Komunikasi Propaganda. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya

Moleong.L, 2004, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Remaja Rosda

karya, 157

Perloff, Richard M. 2017. The Dynamics of Persuasion Communication and Atttitudes in The 21st Century Sixth Edition. New York: Routledge

Purwasito.A, 2002. Komunikasi Multikultural, Surakarta: Muhammadiyah University Press

Rahmat.Dj, 2005. Psikologi Komunikasi, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 48 dan 79.

Ritzer dan George, 2010. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda, Romli, Khomsahrial. 2016. KOMUNIKASI MASSA. Jakarta: PT Grasindo,

Rondonuwu, S. A. 2018. Peranan Opinion Leader dalam Menyampaikan Pesan Tentang Pembangunan Desa di Desa Lantung Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Administrasi Publik,.

Safitri dkk, 2019. Difusi Inovasi Program Pemerintah: Studi Komunikasi Pembangunan Pada Kelompok Wanita Tani Anugrah Kabupaten Padang Pariaman, JISPO Volume 9 No. 2. Hlm. 4-5

Sendjaja, S. Djuarsa. 1994. Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Setyabudi, Djoko. 2014. Komunikasi Sosial. Banten: Universitas Terbuka.

Sudarsono.A dan Wijayanti.A, 2016. Pengantar Sosiologi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Susanto, 1992. Sosialisasi Pelayanan, Malang: Universitas Kanjuruan, hlm.163

Susanto, Astrid. 1992. Filsafat Komunikasi. Bandung:Binacipta.

Syarbaini, Syahrial. 2004. Sosiologi dan Politik. Jakarta: Ghalia Indonesia

Sutaryo, 2004. Dasar-Dasar Sosialisasi, Jakarta: Rajawali Press, hlm.156

Suyanto, 2006. Sosialisasi Teks Pengantar dan Terapan, Jakarta: Kencana, 2006, hlm.121

Trenggono. N, 2004. Konstruksi Komunikasi Internasional. Mediator Volume 5 No 1

Wardhani 2002. Kontribusi Komunikasi pada Teori Pembangunan.Mediator Volume 3 No 2

Wulansari dan Dewi, 2009. Sosiologi : Konsep dan Teori, Bandung: PT. Rafika Aditama, hlm.174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.