Interaksi antara Media Sosial dan Korean Wave dalam Membentuk Standar Kecantikan Wanita Indonesia

Repelina Sihombing

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi interaksi antara media sosial dan Korean Wave dalam membentuk standar kecantikan di kalangan wanita Indonesia. Masuknya budaya Korea ke Indonesia melalui Hallyu telah meresap ke berbagai aspek kehidupan, termasuk standar kecantikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam dengan Maria, seorang wanita Indonesia yang terobsesi dengan budaya Korea. Hasilnya menunjukkan bahwa media sosial memainkan peran penting dalam menyebarkan standar kecantikan Korea di Indonesia. Maria merasa tidak percaya diri dengan penampilannya yang tidak sesuai dengan standar kecantikan Korea, dan berusaha mengubah penampilannya agar sesuai dengan standar tersebut. Kesimpulan utama dari penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial dan globalisasi telah menjadi agen perubahan yang kuat dalam mengubah standar kecantikan di Indonesia. Standar kecantikan global, khususnya yang dipengaruhi oleh Korean Wave, telah menggeser pandangan lokal tentang kecantikan dan menciptakan permintaan tinggi akan produk dan prosedur kecantikan yang mengikuti tren K-Beauty. Transformasi ini menggambarkan dinamika kompleks antara media sosial, standar kecantikan, dan perilaku konsumen, serta dampaknya terhadap identitas dan harga diri wanita Indonesia.

Keywords

korean wave; K-Beauty; media sosial; standar kecantikan; wanita Indonesia

Full Text:

PDF

References

Can, Darwin Willi. 2023. “Pengaruh Film Korea Terhadap Minat Penonton Mahasiswa Film Di Universitas Multimedia Nusantara.” Journal of Art, Film, Television, Animation, Games and Technology 2(2):59–65.

Fadillah, Nur, Andi Muh. Nur Syaiqul Arsyi, Ibrahim Arifin, and M. Ridwan Said Ahmad. 2023. Pengaruh Globalisasi Media Dan Penyerapan Budaya Korea Dikalangan Remaja Kota Makassar. Vol. 3.

Iqbal, Muhammad, Revilliano Trisandri, Silmi Aulia Alkautsar, and Mohamad Zein Saleh. 2024. “Pemasaran Skincare Di Indonesia: Sebuah Fenomena Budaya Populer Korea Selatan.” Jurnal Manajemen Riset Inovasi (MRI) 2(1):221–28.

Jannah, Shitara Raudhotul, Zulfa Khoirunnisa, and Andhita Risko Faristiana. 2023. “Pengaruh Korean Wave Dalam Fashion Style Remaja Indonesia.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama 1(3):11–20. doi: 10.59024/jipa.v1i3.219.

Lancia, Ferrari, Liliyana, and Abdul Azis. 2023. “K-Beauty Dan Standar Kecantikan Di Indonesia (Analisis Wacana Sara Mills Pada Kanal YouTube Priscilla Lee).” Jurnal Multidisiplin West Science 2(1):56–68. doi: 10.58812/jmws.v2i1.175.

Nawiroh, Siti, and Rohmadtika Dita. 2020. “Feature How To Do Di Kanal Beauty Fimela. Com Construction of Women ’ S Beauty on the Feature.” 17(1):47–60.

Negatif, Pengaruh, Standar Kecantikan, Dalam Media, Terhadap Citra, and Diri Remaja. 2024. “Kultu Ra Kultu Ra.” 2:366–72.

Oktaviani, Jusmalia. 2021. “Korean Wave ( Hallyu ) Dan Persepsi Kaum Muda Di Indonesia : Peran Media Dan Diplomasi Publik Korea Selatan.” 8(1):87–100.

Putri, Muhaditia ;., Chindy Narawati, ; Rebecca, Yemima Lisnawaty, and Universitas Pradita.

n.d. “Pengaruh Korean Waves Terhadap Fashion Remaja Indonesia.” Nusantara: Jurnal Pendidikan, Seni, Sains Dan Sosial Humanioral 1(1):138–53. doi: 10.11111/nusantara.xxxxxxx.

Rohmiatika, Hermia. 2023. “Hegemoni Budaya Warna Kulit Wanita Korea Sebagai Standar Kecantikan Wanita Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional Komunikasi, Administrasi Negara Dan Hukum 1(1):421–26. doi: 10.30656/senaskah.v1i1.245.

Yunita, Primadiana. 2023. “Posisi Strategis Industri Kosmetik Korea Selatan Dalam Hubungan Perdagangan Indonesia-Korea Selatan.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3(4):3712–25.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.