Pemanfaatan Media Presentasi untuk Mengasah Public Speaking Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) di IAIN Kudus

Muthia Adila Azhar, Primi Rohimi

Abstract

Public speaking merupakan suatu keterampilan penting yang harus dikuasai oleh siswa untuk meningkatkan rasa percaya diri, kemampuan berkomunikasi, dan menyampaikan ide secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media presentasi dalam meningkatkan kemampuan public speaking mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyuaran Islam (KPI) IAIN Kudus. Dalam penelitian ini, pendekatan kualitatif diterapkan dengan fokus pada mahasiswa KPI angkatan 2023 semester 3 yang dipilih dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara semi-terstruktur, kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media presentasi seperti PowerPoint membantu siswa dalam menyusun materi secara sistematis, menarik perhatian, dan meningkatkan rasa percaya diri mereka. Namun, terdapat tantangan seperti masalah teknis dan kurangnya pengetahuan dalam memanfaatkan fitur-fitur media. Penelitian ini menyajikan kontribusi berupa model “Pengembangan Public Speaking Berbasis Media Presentasi” yang menekankan penggabungan teknologi dengan keterampilan komunikasi. Kontribusi dari penelitian ini tidak hanya memperkaya teori komunikasi visual, tetapi juga menawarkan solusi praktis untuk pengembangan keterampilan berbicara siswa dalam berbagai situasi.

 

Keywords

Kata Kunci: komunikasi visual, media presentasi, pengembangan keterampilan, public speaking

Full Text:

PDF

References

Aestetika, N. M. (2018). Buku ajar komunikasi interpersonal. Umsida Press, 1-106.

Davidson, J. (2003). The complete guide to public speaking. Breathing Space Institute.

AGUNG, K. F. L. (2022). MICROSOFT POWERPOINT SEBAGAI MEDIA

PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL PADA TAMAN KANAK. Jurnal PKM:

Pengabdian kepada Masyarakat Vol, 5(03).

Arofah, F., & Suryandari, M. (2024). Penataan, Persiapan Dan Penampilan Presentasi Dalam

Public Speaking Dengan Sebuah Pendekatan Sistematis. JURIHUM: Jurnal Inovasi

dan Humaniora, 1(5), 694-700.

Astuti, N., Muntaqo, R., & Farida, N. (2024). Metode Presentasi Untuk Membangun

Keterampilan Public Speaking Dan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Pembelajaran PAI di SMAN 1 Mojotengah Wonosobo. Concept: Journal of Social Humanities and

Education, 3(2), 35-44.

Diana, A. A., Hasanah, H. I., & Suryandari, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berbicara

Di Depan Umum: Strategi Dan Teknik Efektif. JURIHUM: Jurnal Inovasi dan

Humaniora, 1(4), 667-671.

Goeyardi, W. (2022). Penerapan Metode Presentasi Untuk Meningkatkan Kemampuan

Berbicara Pada Mata Kuliah Berbicara Lanjutan 2 Mahasiswa Sastra Cina, Fib

Ub. Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(3), 191-200.

Hikmah, I. M., Rusnawati, R., Galingging, N. S. B., & Fajarwati, N. K. (2024). Pemanfaatan

Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Massa Di Kalangan Pelajar. Filosofi:

Publikasi Ilmu Komunikasi, Desain, Seni Budaya, 1(2), 78-91.

Panjaitan, C. J., Soraya, D., Adelia, M., Syahputri, R. R., Ulhusna, R., Siregar, N. H., &

Masyitah, N. (2024). Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Media Wayang Kertas. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 27-

Prasetyo, A., Hazmin, G., Muchran, M., & Nugroho, G. S. (2023). Meningkatkan Keterampilan

Public Speaking untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi di Depan

Umum. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 192-198.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Cakrawala-Jurnal

Humaniora, 16(2).

SYAZALI, M., & SOBRI, M. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN

PUBLIC SPEAKING SISWA MELALUI PENERAPAN METODE SHOW AND

TELL. Jurnal El-Hikam, 16(1), 70-82.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.