https://man3pyk.sch.id/ slot thailand warunghoki88 slot thailand slot thailand slot thailand slot thailand slot thailand slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor
Analisis Manajemen Privasi Komunikasi Pengguna Media sosial Instagram (Mahasiswa Inbound PMM 2 Universitas Bandar Lampung) | Firmansah | KONTEKSTUAL : Jurnal Ilmu Komunikasi

Analisis Manajemen Privasi Komunikasi Pengguna Media sosial Instagram (Mahasiswa Inbound PMM 2 Universitas Bandar Lampung)

Syahrul Firmansah, Affan Neskisyah Ramadhan

Abstract

Instagram saat ini menjadi platform yang memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi pribadi secara luas melalui internet. Banyak pengguna secara rutin menggunakan dan membagikan informasi pribadi mereka tanpa batasan antar koneksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami pengalaman pengguna Instagram, melibatkan persepsi dan motivasi mereka terkait privasi. Data dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan aplikasi Google Form. Fokus penelitian ini adalah kontrol privasi, yaitu hak seseorang untuk mengatur sejauh mana informasi pribadi mereka diakses oleh orang lain di Instagram. Hasil penelitian dengan melibatkan 31 responden menunjukkan bahwa pengguna memiliki peran sebagai pembuat keputusan terkait privasi. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana pengguna Instagram mengelola privasi mereka di platform ini.

Keywords

Sosial media Instagram; Manajemen privasi komunikasi; Kontrol Privasi

Full Text:

PDF

References

Acquisti, A., & Gross, R. (2006). Imagined communities: Awareness, information sharing, and privacy on the Facebook. In Privacy Enhancing Technologies (pp. 36-58). Springer.

Bestari, N. P. (2022, September 07). CNBC Indonesia. Retrieved from Berita tech.

Boyd, D., & Hargittai, E. (2013). Connected and concerned: Variation in parents'

online safety concerns. Policy & Internet, 5(3), 245-269.

De Wolf, R., & Marakhimov, A. (2019). Privacy on Instagram: An analysis of privacy-related features on Instagram. In 2019 12th International Conference on Human System Interactions (HSI) (pp. 91-97). IEEE.

Dhir, A., Yossatorn, Y., Kaur, P., Chen, S., & Online, S. (2018). Online social media fatigue and psychological wellbeing—A study of compulsive use, fear of missing out, fatigue, anxiety, and depression. Telematics and Informatics, 35(1), 74-88.

Dianiya, V. (2021). Management Privacy dalam penggunaan fitur "clode Friend" di Instagram. Jurnal Studi Komunikasi, 249-266.

Fahusni, F. (2022, September 7). Selular.id.

Ferisa Nurul Kamilah, S. B. (2020). Manajemen Privasi pada Pengguna Media Sosial Instagram. Interaksi Online, 9(1), 98-108.

Gross, R., & Acquisti, A. (2005). Information revelation and privacy in online social networks. In Proceedings of the 2005 ACM workshop on Privacy in the electronic society (pp. 71-80).

Hargittai, E., & Marwick, A. (2016). What can a privacy dashboard do? A multi- site case study of a privacy dashboard and lessons learned for the future of personal informatics tools. Journal of the Association for Information Science and Technology, 67(12), 2835-2856.

Hargittai, E., & Marwick, A. (2016). What can a privacy dashboard do? A multi- site case study of a privacy dashboard and lessons learned for the future of personal informatics tools. Journal of the Association for Information Science and Technology, 67(12), 2835-2856.

Rizaty, M. A. (2023, September 8). Dataindonesia.id. Retrieved from Data Indonesia.

Roy. (2021, Januari 14). CNBC Indonesia.

Saidah, M. (2021). Manajemen Privasi Komunikasi di Era Transparansi. Jurnal INTERAKSI PERADABAN, 193-217.

West, R. T. (2013). Pengantar Teori Komunikasi dan Analisis Aplikasi. Salemba Kumanika.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.