Analisis Kepuasan Nasabah Pembiayaan BNI Fleksi Syariah Pada PT. Bank BNI Syariah Tanjungkarang
Abstract
PT. BNI of Fleksi Syariah Tanjungkarang represent financial institution with Moslem law principle which born as one of the alternative financial institution form to fulfill certain society segmentation which is viewer that bank flower represent collision to syariat Islam. The main objective of this research to know level satisfaction of client defrayal BNI Fleksi Syariah at PT. BNI of Fleksi Syariah Tanjungkarang. Factors which influencing satisfaction of client PT. BNI of Fleksi Syariah which its handling require to be given high priority by company because existence of assessed this factor of vital importance by client, but management not yet executed him according to desire of customer for example : Amenity in service, comments handle sigh of ability and client comprehend desire of client. Factors or variable influencing satisfaction of client of PT. BNI Fleksi Syariah which need to be defended, because in general mount its execution have as according to client expectation and importance, so that can gratify client for example: Amenity in accessing technology, knowledge, efficiency and ability and dedication storey, and sincerity of loyalties. Factors or variable influencing satisfaction of client of PT. BNI of Fleksi Syariah still assumed by less important its influence to customer, its executor by run of the mill company. Assumed by less important and less gratifying for example: Officer Follow-up if (there are) any problem, ethics, officer language and manner, amenity in administrate system and payment and also equipment of administration facility and technician. Implication in improving service system at PT. Bank of BNI Fleksi Syariah Tanjungkarang shall perform a training and education to entire/all its employees especially to increase ability of employees in the case of: Comments handle sigh of customer and ability comprehend desire of customer.
PT. BNI Syariah Tanjungkarang merupakan lembaga keuangan dengan prinsip syariah yang lahir sebagai salah satu bentuk lembaga keuangan alternatif untuk memenuhi segmentasi masyarakat tertentu yang berpandangan bahwa bunga bank merupakan pelanggaran terhadap Syariat Islam. Riset ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah pembiayaan BNI Fleksi Syariah pada PT. BNI Syariah Tanjungkarang. Faktor-faktor yang yang mempengaruhi kepuasan nasabah PT. BNI Syariah yang penanganannya perlu diprioritaskan oleh perusahaan karena keberadaan faktor inilah yang dinilai sangat penting oleh nasabah, namun manajemen belum melaksanakannya sesuai keinginan pelanggan. Faktor-faktor atau variabel yang mempengaruhi kepuasan nasabah PT. BNI Syariah yang perlu dipertahankan, karena pada umumnya tingkat pelaksanaannya telah sesuai dengan kepentingan dan harapan nasabah, sehingga dapat memuaskan nasabah antara lain: Kemudahan dalam mengakses teknologi, pengetahuan, kemampuan dan kecakapan dan tingkat dedikasi, kejujuran dan loyalitas. Faktor-faktor atau variabel yang mempengaruhi kepuasan nasabah PT. BNI Syariah yang dinilai masih dianggap kurang penting pengaruhnya bagi pelanggan, pelaksananya oleh perusahaan biasa-biasa saja antara lain : Tindak lanjut petugas bila ada masalah, etika, sopan santun dan bahasa petugas, kemudahan dalam sistem administrasi dan pembayaran serta kelengkapan fasilitas administrasi dan teknisi. Implikasi dalam meningkatkan sistem pelayanan pada PT. Bank BNI Syariah Tanjungkarang hendaknya mengadakan pendidikan dan pelatihan kepada seluruh karyawannya terutama untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam hal : Ketanggapan menangani keluhan pelanggan dan kemampuan memahami keinginan pelanggan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariani, D. Wahyu, 2003. Manajemen Kualitas Pendekatan Sisi Kualitatif. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Day, Ralp L. and E. Laird Landon, Jr. “Toward a Theory of Consumer Complaning Behavior”, dalam Consumer and Industrial Buying Behavior, Editor Arch G. Woodside, Jagdish N. Smeth an. Peter D. Bennet. 1997. Elsevier North Holland. New York.
Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Imple-mentasi dan Kontrol. Jilid I dan II, Edisi Kesembilan, Alih Bahasa oleh Hendra Teguh dan Romli A., Penerbit PT. Prenhallindo, Jakarta.
Lovelock, C.H. dan Wright, L.K. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa. Indeks. Jakarta.
Rangkuti, F. 2002. Measuring Customer Service. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Kencana. Jakarta.
Sugyiono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.
Sumbogo, B. 2000. Analisis Kepuasan Konsumen dalam Rangka Strategi Pemasaran pada PT. Telkom Area Lampung. Tesis Magister Manajemen Program Pascasarjana. Universitas Bandar Lampung.
Supranto, J. 1997. Metode Riset, Aplikasi dalam Pemasaran. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.
Swastha D.H, B. dan Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta.
Swastha D.H., B. dan Ibnu Sukotjo W., 2002. Pengantar Bisnis Modern (Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern). Edisi Ketiga. Liberty. Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v3i1.682
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Visionist saat ini terindeks:
Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by: RYE Education Hub