Hubungan Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa

M Yusuf S Barusman, . Defrizal

Abstract


The purpose of this research is partially or simultaneously is to know the closeness relationship learning motivation and learning environment with students' learning achievement Sungkai 3 Junior High School North. Research methods used in this paper is through field studies (field research) and literature study (library research). Processing and data analysis performed by using qualitative and quantitative analysis. Results obtained discussions bahwan study the correlation between achievement motivation to learn is 0.422. Value rhitung = 0.422, while the value rtabel = 0.325. Correlation between learning environment variables in learning achievement is 0.387. Value rhitung = 0.387, while the value rtabel = 0.325. The correlation between the variables of motivation to learn and learning environment with learning achievement (R) is 0.519 (included in the category of being). The amount of the percentage relationship of motivation to learn and learning environment with learning achievement (R square) is of 26.9%. While the other 73.10% associated with other variables not examined in this study. Test keberartian correlation analysis by F test, obtained Fhitung value of 6.636, while Ftabel = 4.11. Thus from these results prove that the motivation to learn and learning environment has a positive relationship and significant with Learning Achievement in Junior High School North Sungkai 3.

Tujuan dari penelitian ini secara parsial maupun simultan adalah untuk mengetahui keeratan hubungan motivasi belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Sungkai Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah melalui studi lapangan (field research) dan studi pustaka (library research). Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan alat analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil pembahasan diperoleh bahwan korelasi antara motivasi belajar dengan prestasi belajar adalah 0,422. Nilai rhitung = 0,422, sedangkan nilai rtabel = 0,325. Korelasi antara variabel lingkungan belajar dengan prestasi belajar adalah 0,387. Nilai rhitung = 0,387, sedangkan nilai rtabel = 0,325. Korelasi antara variabel motivasi belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar (R) adalah 0,519 (termasuk dalam kategori sedang). Besarnya persentase hubungan motivasi belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar (R square) adalah sebesar 26,9%. Sedangkan sisanya sebesar 73,10% dihubungkan dengan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Uji keberartian analisis korelasi dengan Uji F, diperoleh nilai Fhitung sebesar 6,636, sedangkan Ftabel = 4,11. Dengan demikian dari hasil tersebut membuktikan bahwa motivasi belajar dan lingkungan belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan Prestasi Belajar pada SMP Negeri 3 Sungkai Utara.


Keywords


learning motivation; learning environment; students' learning achievement;motivasi belajar; lingkungan belajar; dan prestasi belajar belajar.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi. 1999. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Insan Cendikia. Surabaya.

Aitbach, Arnove dan Kelly. 1999. Human Characteristic and School Learning. McGraw – Hill Book Company, New York, USA.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Bloom, B.S. 1979. Human Characteristic and School Learning. Mc. Graw - Hill Book Company, New York.

Gagne, R.M. 1989. The Essentials of Learning Instruction. Saduran Munandir. P3G Depdikbud. Jakarta.

Hamalik, O. 1996. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Tarsito. Bandung.

Hutauruk. 1986. Cara Belajar yang Efisien. Gajah Mada Press. Yogyakarta.

Imran, A. 1996. Motivasi Belajar Siswa. Rineka Cipta, Bandung.

Istijanto. 2006. Riset Sumber Daya Manusia: Cara Praktis Mendeteksi Dimensi-dimensi Kerja Karyawan. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Muhibbin Syah. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempe-ngaruhinya. Rineka Cipta, Jakarta.

Riduwan. 2004. Dasar-dasar Statistik. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Penerbit Kencana. Jakarta.

Siagian, S.P. 1999. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Penerbit PT. Gunung Agung. Jakarta.

Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Bandung.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit CV. Alfabeta. Bandung.

Sutikno, M.S. 2005. Peran Guru dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa. Penerbit Kencana. Jakarta.

Tjiptono, F. 2003. Manajemen Jasa. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Uno, H.B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v2i2.679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub