Strategi Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Biaya Pendidikan dan Motivasi Belajar
Abstract
School Operational Aid (BOS) Program is one of programs that implemented by Indonesia government to help citizen in education sector especially to free the education cost. This program aims to improve student performance and motivation especially in elementary school. The objectives of this research are (1) to analyze the correlation between the utilization of education cost and student performance at Junior High School Nusantara Bandar Lampung, (2) to analyze the correlation between student motivation and student performance at Junior High School Nusantara Bandar Lampung, and (3) to analyze simultaneously the influence of education cost utilization and student motivation to student performance at Junior High School Nusantara Bandar Lampung. Data analyzing in this research use correlation and multiple linear regression methods. The result of this research shows that the correlation between the utilization of education cost and student performance at Junior High School Nusantara Bandar Lampung is positive with correlation coefficient 0.293. The correlation between student motivation and student performance at Junior High School Nusantara Bandar Lampung is positive with correlation coefficient 0.673. The influence of education cost utilization and student motivation to student performance at Junior High School Nusantara Bandar Lampung is simultaneously significant which determination coefficient is 0.712.
Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalah salah satu program yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia untuk membantu masyarakat agar dapat terus dapat memperoleh pendidikan dengan membebaskan biaya pendidikan pada jenjang pendidikan dasar. Dengan adanya program ini diharapkan siswa semakin berprestasi dan termotivasi dalam melakukan proses pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui sejauh mana hubungan pemanfaatan biaya pendidikan dengan prestasi belajar siswa SMP Nusantara di Bandar Lampung; (2) Untuk mengetahui sejauh mana hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMP Nusantara di Bandar Lampung; dan (3) Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pemanfaatan biaya pendidikan dan motivasi belajar secara simultan (bersama-sama) dengan prestasi belajar siswa SMP Nusantara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan pemanfaatan biaya pendidikan dengan prestasi belajar siswa SMP Nusantara di Bandar Lampung adalah positif yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,293 adalah nyata atau signifikan. Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMP Nusantara di Bandar Lampung adalah positif dan nyata dengan koefisien korelasi sebesar 0,673. Secara simultan (bersama-sama) pengaruh Variabel Pemanfaatan Biaya Pendidikan (X1) dan Variabel Motivasi Belajar Siswa (X2) dengan Prestasi Belajar Siswa (Y) adalah signifikan dengan nilai R = 0,712 atau mempunyai hubungan yang tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi. 1999. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Insan Cendikia. Surabaya.
Aitbach, A., dan Kelly. 1999. Human Characteristic and School Learning. McGraw – Hill Book Company. New York. USA.
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.
Hutauruk. 1986. Cara Belajar yang Efisien. Gajah Mada Press. Yogyakarta.
Muhibbin Syah. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempe-ngaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.
Oemar, H. 1996. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Tarsito. Bandung.
Riduwan. 2004. Dasar-dasar Statistik. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Slamet. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Bandung.
Siagian, S. 1999. Pengembangan Sumber Daya Manusia. PT. Gunung Agung. Jakarta.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta. Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v2i1.673
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Visionist saat ini terindeks:
Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by: RYE Education Hub