Peranan Kepuasan dan Disiplin Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai
Abstract
The availability of competent human resource is one of significant factor to implement bottom-up policy. To improve the function of human resources, it is needed knowledge, working motivation, and cooperation. The aims of this research are (1) to analyze the influence of working satisfaction to official performance at Social Berau of Secretariat Territory Lampung Province; (2) to analyze the influence of working discipline to official performance at Social Berau of Secretariat Territory Lampung Province; (3) to analyze the influence of working satisfaction and discipline simultaneously to official performance at Social Berau of Secretariat Territory Lampung Province. The collected data and information is analyzed with multiple regression analysis. The result of this research shows that the working satisfaction and discipline are simultaneously influenced the working performance of official at Social Berau of Secretariat Territory Lampung Province which the value of Farithmetic (25,793) is larger to Ftable (3,3) in ά = 0,05. Based on multiple regression analysis, the influence of the working satisfaction (X1) and working discipline (X2) to official performace can be drawn in formula Y = 11,69 + 0,48 X1 + 0,25 X2.
Kesiapan sumberdaya manusia yang kompeten merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk melaksanakan kebijakan desentralisasi. Agar sumberdaya manusia ini dapat berfungsi dengan baik, maka diperlukan pengetahuan dan motivasi kerja yang tinggi, serta iklim kerjasama yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis : (1) Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai pada Biro Sosial Sekretariat Daerah Provinsi Lampung; (2) Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada Biro Sosial Sekretariat Daerah Provinsi Lampung; (3) Pengaruh kepuasan kerja dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap prestasi pegawai pada Biro Sosial Sekretariat Daerah Provinsi Lampung. Data dan informasi yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kepuasan kerja dan disiplin kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai pada Biro Sosial Sekretariat Daerah Provinsi Lampung yang diindikasikan oleh nilai Fhitung (25,793) lebih besar dibandingkan dengan Ftabel ά = 0,05 (3,37). Dari hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 11,69 + 0,48 X1 + 0,25 X2, dimana Y = kinerja pegawai, X1 = kepuasan kerja, dan X2 = disiplin kerja. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kepuasan kerja dan disiplin kerja memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan kerja.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anaroga, P. 2002. Psikologi Kerja. Jakarta: Bina Aksara.
Anaroga, P. & N. Widiyanti. 2003. Psikologi dalam Perusahaan. Jakarta: Bina Aksara.
Arikunto, S. 2004. Prosedur Penelitian. Edisi Revisi. Jakarta: Bina Aksara.
Fathoni, A. 2006. Manajemen Sumberdaya Manusia. Cetakan Pertama. Jakarta: Rineka Cipta.
Handoko, T.H. 2004. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE UGM.
Hariandja, M.T.E. 2005. Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: PT. Grasindo.
Hasibuan, M. 2005. Manajemen Sumberdaya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mangkunegara, A.P. 2004. Manajemen Sumberdaya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moenir. 1989. Motivasi Kerja. Bandung: CV. Pionir Jaya.
Nawawi, H. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Pers.
Nitisemito, A. 1992. Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. 2005. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Umar, H. 2003. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Wahyudi, A. 2006. Tata Laksana Baku Penyusunan Tesis. Bandar Lampung: UBL Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v2i1.671
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Visionist saat ini terindeks:
Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by: RYE Education Hub