Pengaruh Nilai Religiusitas Dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Boikot Produk Pizza Hut (Studi Konsumen Muslim Pizza Hut Cabang Kedaton Bandar Lampung)

Adi Inzar Kusuma, Tina Miniawati Barusman

Abstract


Perilaku konsumtif dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, khususnya produk makanan cepat saji, terus mengalami peningkatan dan menjadi faktor pendorong pertumbuhan industri restoran modern di Indonesia. Salah satu merek yang berkembang pesat adalah Pizza Hut. Namun, munculnya fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengenai larangan penggunaan produk yang terafiliasi dengan Israel, sebagai dampak dari konflik Israel-Palestina, telah mempengaruhi keputusan konsumen Muslim dalam memilih produk makanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh nilai religiusitas (X1) dan pengetahuan produk (X2) terhadap keputusan boikot (Y) terhadap produk Pizza Hut di kalangan konsumen Muslim di cabang Kedaton, Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dengan jumlah sampel sebanyak 113 responden. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan, variabel nilai religiusitas dan pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan boikot. Besarnya pengaruh simultan kedua variabel terhadap keputusan boikot adalah sebesar 70,6%, sedangkan 29,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bagi pemasar dan pelaku industri restoran dalam memahami faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen Muslim. Selain itu, penelitian ini juga menegaskan pentingnya aspek religiusitas dan pengetahuan produk dalam membentuk perilaku konsumen dalam konteks sosial dan ekonomi.


Keywords


nilai religiusitas, pengetahuan produk, keputusan boikot.

Full Text:

PDF

References


Abd-Razak Ili‐Salsabila & Abdul-Talib, Asmat‐Nizam. (2012). Globality and intentionality attribution of animosity: An insight into the consumer boycotts in the Muslim dominant markets. Journal of Islamic Marketing, 3(1), 72–80. https://doi.org/10.1108/17590831211206608

Aprilia, Multasiyeh, & Septia, Aldila. (2023). Dampak Keberadaan Minimarket Iriyanti Terhadap Kelangsungan Usaha Toko Kelontong di Bangkalan. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 8, 455–464. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE

Canestren, Inggardini Asarila & Saputri Marheni Eka. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pembayaran Shopee Paylater. EProceedings of Management, 1–15.

Ekowidi, Fiqih Aqilla.. (2022). Dinamika Industri Halal di India: Studi Kasus Pemboikotan Produk Halal Oleh Kelompok Sayap Kanan. Indonesian Journal of Peace and Security Studies (IJPSS), 4(2), 78–94. https://doi.org/10.29303/ijpss.v4i2.115

Fakriza, Rouza, & Nurdin, Ridwan. (2019). Pengaruh Religiusitas Terhadap Boikot Dengan Loyalitas Merek Sebagai Variabel Moderasi Pada Kfc Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(1), 206–216.

Farah, Maya F., & Newman, Andrew J. (2010). Exploring consumer boycott intelligence using a socio-cognitive approach. Journal of Business Research, 63(4), 347–355. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2009.03.019

Halik, Abdul.. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa, Kualitas Layanan dan Nilai Religiusitas Terhadap Kepercayaan Nasabah Dan Imlikasinya Pada Komitmen Nasabah Bank Umum Syariah di Wilayah Gerbang Kertasusila Jawa Timur. JHP17 Jurnal Hasil Penelitian LPPM Untag Surabaya, 01(01), 123–148.

Hariyadi, F. (2023, December 2). Pizza Hut Ubah Nama Jadi Ristorante, Sebanyak 13.000 Pegawai Terancam Akibat Boikot Israel. SERAYUNEWS.

Hasanah, Anisa Nur., Luqman, Yanuar & Dwiningtyas, Hapsari. (2024). Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Mengenai Produk Boikot Dan Konflik Palestina-Israel Terhadap Keputusan Pembelian Produk Boikot. Interaksi Online, 12(4), 1005–1015. http://www.fisip.undip.ac.id

Herdiansyah, Haris., Safitri, Siska., Handayani, Lidya Alviona., Wibowo, Elvira Nur Eka Wibowo & Jatmiko, Muhamad Alrafi. (2024). Pengaruh Paparan Media Sosial, Loyalitas dan Konformitas Terhadap Keputusan Pembeli Produk Mcdonald’s Pasca Boikot. GANDIWA: Jurnal Komunikasi, 04(01), 58–71.

Isa, Muhammad,., Lubis, H. Aswadi & Lubis Ilma Sari . (2020). Pengaruh Religiusitas dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rahmat Syariah Swalayan City Walk Padangsidimpuan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(1), 1–15. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i1.123

Latif, H. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut. IQTISHADequity, 2(1), 10–22.

Maulana, Adelia Putri Nazti., Safaatillah, Nurus., Uzlifatul, Lilik & Sustyorini, Emalia Nova. (2024). Pengaruh Brand Awareness Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Customer Produk Pro Israel. JOURNAL OF MANAGEMENT Small and Medium Enterprises (SME’s), 17, 1175–1186.

Naninsih, Nur,., Alam, Syamsul & Daing, Ardaningsi. (2024). Kelas Sosial dan Pengetahuan Mahasiswa Berpengaruh Terhadap Keputusan Membeli Produk Boikot Pro Israil Melalui Perilaku Konsumen. Accounting Profession Journal (APAJI), 6(2).

Nastiti, Niken., Hartono, Arif & Ulfah, Ika Farida . (2018). Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Perbankan, Pengetahuan Produk Perbankan, Pengetahuan Pelayanan Perbankan, Dan Pengetahuan Bagi Hasil Terhadap Preferensi Menggunakan Jasa Perbankan Syariah. Asset: Jurnal Ilmiah Bidang Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 15–25. http://journal.umpo.ac.id/index.php/asset

Oktavia, Oktavia., Noval, Muhammad Riziq., Hanipah, Rizka & Handayani, Melani Fitriya. (2023). Pengaruh Dampak Boikot Produk Amerika Terhadap Perokonomian Indonesia. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi, 2(1), 318–323. https://doi.org/10.55606/jumia.v2i1.2377

Puspadini, M. (2023, December). Curhat Bos Pizza Hut jadi Korban Boikot Produk Israel. CNBC Indonesia.Com .

Rahmawati, Suci., Ali, Suprihatin., & Subagja, Ghia. (2020). Pengaruh Nilai Religiusitas Dan Pengetahuan Produk Terhadapkeputusan Boikot Produk KFC (Studi Pada Konsumen Muslim Bandar Lampung). Jurnal Kompetitif Bisnis, 1(1), 39–49.

Referendy, Rian Refendy. (2022). Analisis Hukum Islam terhadap Pemboikotan Produk Asing di Indonesia. Universitas Islam Negeri Radin Intan Lampung .

Rohaya, Rohaya., Nasution, Muhammad Lathief Ilhamy & Dharma, Budi. (2024). Analisis Faktor Perilaku Konsumsi Terhadap Keputusan Boikot Produk Israel : Studi Kasus Pada Generasi Z Unimed. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 13(03), 1036–1050.

Sarah, Fitria., & Artanti, Yessy . (2020). Pengaruh Religiusitas dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(1), 37. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i1.6732

Syajidah, Syajidah, Syania Sheifa Avridita & Mennita, R. (2024). Dampak Boikot Produk Israel Terhadap Kinerja Penjualan PT Unilever Indonesia Tbk. MARGIN ECO: Jurnal Ekonomi Dan Perkembangan Bisnis, 8(2), 126–140.

Wulan, Sri. (2021). Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Indomie Di Sidoarjo). JMD: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 4(1), 21–26. https://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/754

Yam, Jim Hoy & Taufik, Ruhiyat. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. PERSPEKTIF: Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v13i2.4224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub